Sukses

Kemenhub Kirim Bantuan ke Palu dan Donggala Melalui Jalur Laut

Bantuan untuk korban gempa dan tsunami di Sulteng dikirimkan melalui jalur laut dari Samarinda, Kalimantan Timur, dan Bitung, Manado.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengirim bantuan ke Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah melalui jalur laut setelah gempa mengguncang wilayah tersebut pada Jumat 28 September 2018. Menurut Sesditjen Hubla Kemenhub Arif Toha, Pelabuhan Pantoloan di Palu sudah bisa digunakan.

"Pelabuhan Pantoloan sudah bisa disandarkan kapal. Kapal berukuran besar, baik kapal pesiar, Pelni, maupun kapal bantuan kemanusiaan," ujar Arif di kantornya, Medan Merdeka Barat, Sabtu (29/9/2018).

Bantuan akan dikirimkan melalui jalur laut dari Samarinda, Kalimantan Timur, dan Bitung, Manado. Bantuan berupa logistik dan obat-obatan.

"Dari Bitung sudah meluncur, diperkirakan 40-an jam, sedangkan dari Samarinda masih menunggu logistik lain," kata dia.

Arif memastikan, Pelabuhan Pantoloan bisa disandarkan oleh kapal-kapal besar yang membawa logistik dan obat-obatan.

Pascagempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Menhub Budi Karya langsung meminta untuk segera me-recovery baik jalur darat, udara, maupun laut.

"Pantoloan bisa digunakan. Tetapi pelabuhan kecil lainnya masih belum bisa disandarkan kapal-kapal besar," kata Arif.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bandara Palu Beroperasi Sore Ini

Sementara itu, Karo Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub Baitul Ihwan mengatakan, Menhub bersama Dirjen dan Panglima TNI telah meninjau Bandara di Palu.

"Dalam kesempatan ini, Menhub langsung mengarahkan recovery bandara, pelabuhan agar segera beroperasi kembali," kata dia.

Dia menambahkan, bandara dapat beroperasi, baik untuk komersial, SAR, dan penanganan darurat.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.