Sukses

Buka Kongres PWI, Jokowi Kenang Persahabatannya dengan Wartawan di Solo

Jokowi mengaku sudah menganggap para wartawan sebagai sahabatnya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menghadiri Kongres XXIV Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang digelar di Solo, Jumat, 28 September 2018.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi bercerita terkait kedekatannya dengan wartawan mulai saat menjabat Wali Kota Solo hingga menjadi Presiden Republik Indonesia.

Kedatangan Presiden Jokowi yang didampingi Menkominfo Rudiantra langsung disambut oleh Ketua Umum PWI Pusat Margiono. Setelah masuk ke ruang kongres, Jokowi tidak langsung duduk, namun berkeliling untuk menyapa para peserta kongres yang hadir dari seluruh wilayah di Indonesia.

Tak pelak momen tersebut dimanfaatkan para wartawan peserta kongres untuk foto bersama dengan presiden.

Jokowi dengan bercanda pun mengatakan apa tidak bosan melihat dirinya. Pasalnya, setiap hari para wartawan selalu melihatnya. Bahkan, ia mengaku kaget ketika masuk ke ruang kongres langsung diajak foto selfie.

"Tiap hari ketemu dan melihat saya tetapi masih ingin selfie juga,” kata Jokowi yang disambut tawa oleh para peserta kongres yang berlangsung di The Sunan Hotel Solo, Jumat, 28 September 2018.

Jokowi bercerita mengenai kedekatannya dengan wartawan terjalin ketika saat masih menjabat Wali Kota Solo. Hubungan tersebut juga kembali terjalin ketika menjabat Gubernur DKI Jakarta. Hampir semua kegiatan yang dilakukan selalu diikuti para wartawan.

"Kemana-mana diikuti terus, di Solo diikuti terus, di Jakarta juga dikuti," akunya.

Apalagi setelah menjadi Presiden, Jokowi mengakui setiap melakukan kunjungan ke daerah selalu diikuti oleh wartawan. Jika semua wartawan (meliput di istana) ikut berkunjung ke daerah, jumlah seat pesawatnya terbatas.

“selain staf, paling bawa delapan atau tujuh wartawan. Yang lain gimana, kan harusnya jumlahnya 50 – 60 wartawan?. Ya tidak ikut,” ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ajak Makan Serap Aspirasi

Jokowi mengaku sering mengajak makan bareng wartawan untuk mendapatkan masukan, kritikan maupun saran. Bahkan, ia mengaku jika masih ragu dalam meghadapi persoaan, ia tak segan untuk masuk meminta masukan ke ruang wartawan di istana.

Tak hanya menanyai soal isu, mantan Gubernru DKI Jakrta itu juga meminta jawabannya apa.

"Saya ingat, mungkin beratus kali atau mungkin beribu kali makan siang dan makan malam dengan wartawan untuk meminta masukan," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.