Sukses

Alasan SBY Walkout dari Acara Deklarasi Kampanye Damai

Fokus, Jakarta - Deklarasi kampanye damai menuai protes dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Dia walkout atau keluar dari acara. Banyaknya pelanggaran dalam acara, di antaranya atribut partai disinyalir menjadi alasan SBY keluar.  

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (24/9/2018), aksi walkout SBY dibenarkan Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan.

Acara berupa pelepasan balon dan pemberangkatan rombongan karnaval dan diakhiri penandatanganan deklarasi damai, dinilainya banyak aturan yang dilanggar salah satunya atribut partai.  

Dampaknya, Partai Demokrat terlambat masuk ke lokasi utama deklarasi sehingga mereka tak hadir saat menandatangani deklarasi kampanye damai.  

Sementara KPU menegaskan adanya simpatisan yang membawa atribut partai, di luar arena deklarasi. KPU juga menyatakan belum menerima pernyataan resmi dari Partai Demokrat terkait aksi protes tersebut.  

KPU, Bawaslu, dan partai peserta pemilu, menggelar deklarasi kampanye damai 2019 di Monas Jakarta pada Minggu, 23 September. Deklarasi yang diikuti dua pasangan calon presiden dan wakilnya mengusung tema  Indonesia menolak hoaks, SARA, dan politik uang. (Karlina Sintia Dewi)