Sukses

Pimpin Upacara Hari Ikada, Anies Ingatkan Soliditas Pemimpin dan Rakyat

Anies menuturkan peristiwa di Lapangan Ikada memiliki dampak yang luar biasa hingga kini.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara peringatan Hari Rapat Raksasa Ikada ke-73 tahun di Lapangan Monas Jakarta, Rabu (19/9/2018). Dalam sambutannya, Anies bercerita tentang rapat raksasa yang digelar sebulan pascaproklamasi kemerdekaan itu.

Anies mengatakan, saat peristiwa Ikada terjadi rakyat Indonesia yang didominasi warga Jakarta berkumpul di Monas mendorong segera dilakukan pemindahan kekuasaan. Anies menuturkan peristiwa itu memiliki dampak yang luar biasa hingga kini.

"Karena proklamasi yang pada pendeklarasiannya dihadiri hanya oleh beberapa ratus orang, sering dianggap sebagai keputusan kaum elite, bukan dianggap sebagai sikap seluruh rakyat," ujar Anies.

Menurut dia, peristiwa itu menjadi bukti adanya soliditas antara pemimpin dan rakyat. Dia mengajak agar para pemimpin di jajarannya, yakni Pemprov DKI, agar selalu bekerja untuk rakyat tanpa membeda-bedakan strata sosial mereka.

"Ini sebuah pesan bahwa ada soliditas antara pemimpin, para deretan kaum pengambil keputusan, dengan rakyat kebanyakan," ucap Anies.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jangan Berlainan Jalan

"Jangan sampai pemimpin kemudian rakyat itu dalam posisi yang tidak sejalan, tidak bersama. Ini adalah komitmen untuk mengingatkan kita semua," sambung Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan