Sukses

Dinsos DKI: AFF Pemuda Berkebutuhan Khusus Sudah Lebam saat Dijemput

Petugas Dinas Sosial DKI kesulitan berkomunikasi dengan korban.

Liputan6.com, Jakarta - AFF seorang pemuda berkebutuhan khusus ditemukan dalam kondisi penuh luka di sekujur tubuh. Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta Irmansyah menuturkan, kondisi pria nahas itu saat diselamatkan jajarannya.

"Ketika kami jemput dan selamatkan, pria itu sudah dalam kondisi lebam. Karena tidak bisa berkomunikasi, maka kami selamatkan dan kami bawa ke panti sosial," ujar Irmansyah dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (20/8/2018).

Ia mengatakan, AFF alias Ali diselamatkan petugas P3S Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat. AFF langsung dibawa ke Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Kedoya, Jakarta Barat.

"Kami saat itu mendapat laporan dari Petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) tentang adanya pria telantar. Kemudian, sesuai Standard Operating Procedure (SOP) dari petugas-petugas kami di lapangan melakukan upaya penyelamatan dan perlindungan," ujar dia.

Sementara itu, Kepala Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 1 Kedoya, Masyudi menerangkan, kesehatan AFF yang berkebutuhan khusus langsung diperiksa sesampainya di panti.

"Petugas kesehatan panti segera melakukan pemeriksaan. Selain diperiksa, petugas juga memberikan perawatan kesehatan terhadap luka-luka lebam tersebut," ujar dia.

"Ketika dalam perawatan, yang bersangkutan sempat mengalami kejang-kejang karena epilepsinya yang dideritanya. Setelah itu baru kami mandikan dan bersihkan badannya" ungkap Masyudi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dijemput Keluarga

Tak lama setelah itu, pihak keluarga datang menjemput. Kini AFF alias Ali sudah berada di rumah.

"Ali dijemput oleh kakaknya. Petugas panti segera melakukan proses administrasi pengembalian kepada keluarga," tutup Masyudi.

 

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.