Sukses

Kapolri: Tak Dukung Asian Games Artinya Berkhianat pada Bangsa

Polri memiliki empat fokus utama dalam mengamankan pelaksanaan Asian Games di Jakarta dan Palembang.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Tito Karnavian meminta seluruh masyarakat mendukung Asian Games 2018 dengan menjaga ketertiban dan keamanan. Dia menyebut, siapa yang tidak mendukung Asian Games berjalan dengan baik sama saja berkhianat terhadap bangsa.

"Ini menyangkut nama baik bangsa dan negara, sehingga setiap orang yang merasa bangsa dan negara harus berkontribusi. Paling tidak, tidak mengganggu, mengamankanlah. Kalau tidak mendukung artinya berhianat terhadap bangsa," ujar Tito di PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2018).

Ia menuturkan, Polri memiliki empat fokus utama dalam mengamankan pelaksanaan Asian Games di Jakarta dan Palembang. Empat konsentrasi tersebut yakni masalah terorisme, kemacetan, kejahatan jalanan, serta kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Mantan Kapala Densus 88 Anti-Teror Polri itu mengklaim, pihaknya telah menangkap 283 terduga teroris pasca-bom bunuh diri di Surabaya. Dia menegaskan akan terus menangkap orang-orang terkait kasus terorisme.

Tito menyebut, kemacetan tidak menjadi persoalan utama penyelenggaraan Asian Games di Palembang. Apalagi LRT di Palembang yang mampu mengangkut hingga 400 orang diklaim dapat menekan peningkatan volume kendaraan.

Sementara di Jakarta, Polri bersama piahk terkait telah menerapkan sejumlah kebijakan untuk meminimalisir kemacetan. Selain kebijakan perluasan ganjil genap, Pemprov DKI juga meliburkan beberapa sekolah.

"Tapi prinsip kita maksimallah untuk melakukan pengawalan," ucap mantan Kapolda Metro Jaya itu.

Tito juga mengklaim anak buahnya telah menangkap lebih dari 2 ribu penjahat jalanan di wilayah hukum Polda Metro Jaya, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, dan Lampung. Penangkapan dilakukan melalui operasi cipta kondisi dalam rangka menyambut Asian Games.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karhutla Tertangani

Persoalan karhutla juga diklaim tertangani dengan baik. Polri bersama TNI dan stakeholder terkait telah melakukan langkah preventif dengan baik. Tito memastikan, penyelenggaraan Asian Games tidak terganggu asap dampak karhutla.

"Ini mudah-mudahan dengan upaya kita ini keamanan bisa kita atasi, Insya Allah. Saya minta dukungan semua pihak karena sudah menyangkut bangsa dan negara, bukan menyangkut pemerintah, polisi apalagi," Tito menandaskan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.