Sukses

Gelar Survei Tayangan Berprestasi, KPI Nilai 2 Kategori Program SCTV Berkualitas

KPI menggelar acara survei indeks kualitas program siaran televisi berkualitas di salah satu hotel di Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) gelar survei program tayangan berprestasi di atas index kualitas tiga.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (26/7/2018), KPI menggelar acara survei indeks kualitas program siaran televisi berkualitas di salah satu hotel di Jakarta Pusat.

Dari delapan kategori, SCTV berhasil memuaskan pemirsa setianya dengan menayangkan program religi dan berita yang berkualitas. Sedangkan Indosiar satu tayangan, yakni religi.

Penilaian ini dilakukan atas survei seluruh Indonesia dengan minimal indeks harus mencapai angka tiga di setiap program.

Bagi program lain yang kurang berkualitas, KPI berharap televisi akan mengevaluasinya dan memperbaikinya.

"Kita perbaiki, yang bagus dipertahankan, bukan didrop," kata Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis.

Program yang paling dinilai tidak berkualitas di survei pertama tahun 2018 ini adalah infotainment, reality show, dan sinetron yang dinilai KPI tidak mencerminkan unsur kebhinekaan dan Pancasila.

Lalu, program wisata budaya dan program anak dinilai terlalu vulgar dan masih menampilkan kekerasan. Sedangkan untuk kategori talk show dinilai hanya berujung pada kepentingan pemilik stasiun televisi dan terlalu beropini. (Muhammad Gustirha Yunas)