Sukses

Musim Haji Segera Dimulai, Bamsoet Minta Sistem Baru Permudah Jemaah

Menurut Bamsoet, Kemenag harus memastikan sistem-sistem baru dalam penyelenggaraan haji 2018 berjalan baik.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo mengharapkan penyelenggaraan dan pelayanan ibadah haji 2018 bisa jauh lebih baik. Harapan itu seiring mulainya pemberangkatan jemaah calon haji kelompok terbang (kloter) jemaah calon haji pertama pada Selasa 17 Juli 2018.

Hal yang jadi perhatian khusus Bamsoet adalah penerapan beberapa sistem baru dalam penyelenggaraan ibadah haji, termasuk penggunaan gelang barcode dan sistem imigrasi. Menurut dia, Kementerian Agama (Kemenag) harus memastikan sistem-sistem baru dalam penyelenggaraan haji 2018 berjalan baik.

"Mendorong Kemenag untuk melakukan pengecekan sistem baru seperti gelang barcode jemaah haji agar dapat berfungsi dengan baik. Pastikan gelang barcode tersebut sudah memuat seluruh data dan informasi jemaah haji," ujar Bambang dalam keterangannya, Jakarta, Senin (16/7/2018).

Legislator Golkar berlatar belakang aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) itu juga meminta Kemenag beserta Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) meningkatkan pengawasan maupun pelayanan keimigrasian. Salah satunya terkait perekaman biometrik terhadap calon jemaah haji.

Bamsoet mengatakan, sistem baru harus memudahkan jemaah calon haji. “Agar pelaksanaannya tidak menyulitkan terutama bagi calon jemaah yang telah berusia lanjut,” ujar mantan Ketua Komisi III DPR yang membidangi keimigrasian itu.

Lebih lanjut Bamsoet mengatakan, hal yang tak kalah penting adalah pelayanan bagi jemaah selama di Arab Saudi. Tiga komponen penting dalam pelayanan jemaah adalah konsumsi, pemondokan, dan transportasi.

"Terutama bagi jemaah calon haji 2018 saat di Arafah. Persoalan kesehatan harus jadi perhatian khusus agar para jemaah bisa melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Patuhi Aturan

Selain itu, Bamsoet juga mengimbau para jemaah calon haji Indonesia dan para mutawif atau pembimbing tawaf agar selalu mematuhi ketentuan dari Kemenag ataupun Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH).

“Terutama mengenai rangkaian ibadah haji, maupun jadwal yang sudah ditetapkan,” ujar Bamsoet.

 

Saksikan tayangan video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.