Sukses

Penampakan Arus Balik Pemudik Padati Rest Area Cipali

Hari ini diprediksi menjadi puncak arus balik pemudik. Sejumlah ruas tol, khususnya Cipali, tampak mulai ramai dilalui mereka yang baru kembali dari kampung halaman.

Liputan6.com, Jakarta - Hari ini diprediksi menjadi puncak arus balik pemudik. Sejumlah ruas tol, khususnya Cipali, mulai ramai dilalui mereka yang baru kembali dari kampung halaman.

Kepadatan tersebut mulai tampak dalam potret yang diambil Tim Basarnas Jawa Barat per pukul 08.00 WIB hingga 11.30 WIB, dengan menggunakan helikopter Basarnas HR 3604 yang dipiloti Letkol Pnb Luky Indrawan dan kopilot Lettu Pnb Eddo Marisadi Angkasa.

Kepadatan tersebut mulai tampak dalam potret yang diambil Tim Basarnas Jawa Barat per pukul 08.00 WIB hingga 11.30 WIB, dengan menggunakan helikopter Basarnas HR 3604 (dok. SAR Jabar)

"Keadaan ramai lancar. Setiap rest area dipadati pemudik dan mengakibatkan jalur sebelum rest area terjadi kemacetan," kata juru bicara SAR Jabar Joshua Banjarnahor melalui keterangan tertulis, Rabu (20/6/2018).

Kepadatan rest area terjadi di kilometer 164, 140, 102, dan 80.

Sementara itu, polisi berencana menerapkan sistem satu arah atau one way di Tol Palimanan mengarah ke Jakarta sore ini terkait arus balik pemudik. Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Benjamin menyampaikan, one way dilaksanakan sekitar pukul 15.00 WIB.

"Iya benar," tutur Benjamin saat dikonfirmasi, Rabu (20/6/2018).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekayasa Arus Balik

Benjamin menyebut, penerapan rekayasa lalu lintas tersebut tentu dimaksudkan untuk mengantisipasi kemacetan panjang arus balik. Terlebih, warga Jakarta yang mudik semakin bergegas kembali ke Ibu Kota lantaran akan kembali lagi ke rutinitas harian mereka.

"Dari Palimanan sampai Cawang mulai pukul 15.00 WIB," jelas Benjamin. 

 

Kepadatan tersebut mulai tampak dalam potret yang diambil Tim Basarnas Jawa Barat per pukul 08.00 WIB hingga 11.30 WIB, dengan menggunakan helikopter Basarnas HR 3604 (dok. SAR Jabar)

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Polisi Royke Lumowa mengatakan, secara keseluruhan arus mudik dan arus balik Lebaran 2018 lebih lancar dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami masih melakukan rekayasa-rekayasa, karena di rest area sampai sekarang masih ada antrean. Kami berlakukan contraflow setelah sebelumnya kami berlakukan one way untuk Jakarta-Cikampek, mundur sampai Palimanan," kata dia, Selasa sore 19 Juni 2018.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.