Sukses

Puncak Padat, Tol Fungsional Bocimi Sepi

Sejumlah kendaraan pribadi terpantau melaju dengan kecepatan di atas rata-rata 60 km/jam dari arah Jakarta menuju Sukabumi.

Liputan6.com, Bogor - Tol fungsional Bocimi masih nampak sepi. Tak tampak kepadatan para pemudik maupun wisatawan pada H+2 Lebaran.

Sejumlah kendaraan pribadi terpantau melaju dengan kecepatan di atas rata-rata 60 km/jam dari arah Jakarta menuju Sukabumi.

Tol Bocimi dibuka fungsional secara gratis mulai 9 Juni hingga 19 Juni 2018. Sejak hari pertama dibuka belum banyak kendaraan yang memanfaatkannya tol ruas Ciawi-Cigombong ini.

Berbeda dengan jalur utama Bogor-Sukabumi. Terjadi kepadatan dibeberapa titik ruas jalan dari kedua arah. Selain karena ada terminal bayangan di simpang Ciawi, kemacetan juga terjadi akibat banyaknya kendaraan umum naik turunkan penumpang di bahu jalan.

Tol Bocimi sepi pengendara, berbanding terbalik dengan ruas menuju Puncak Bogor yang dipadati kendaraan di H+2 Lebaran (Liputan6.com/Darno)

Sementara arus lalu lintas di jalur Puncak Bogor, Minggu (17/6/2018) pukul 14.30 WIB, terpantau padat meski tidak separah pagi tadi, dimana Antrean kendaraan di gerbang Tol Ciawi mencapai 2 km.

Kepadatan juga terjadi selepas tol tersebut hingga Tanjakan Selarong. Laju kendaraan juga tersendat di beberapa titik seperti Simpang Pasir Angin hingga Tanjakan Selarong, Cibogo hingga Simpang Megamendung.

Arus lalu lintas juga tersendat di Pasar Cisarua. Ini disebabkan adanya keluar masuk kendaraan dari warga sekitar. Kemudian, laju kendaraan kembali tersendat di Simpang Taman Safari Indonesia.

Saat ini, polisi memberlakukan satu arah atau oneway dari arah Cianjur menuju Jakarta dan akan kembali dibuka normal setelah kepadatan di kawasan Puncak terurai.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.