Sukses

Momen Idul Fitri, Anies Baswedan Ajak Masyarakat Bersama Bangun Bangsa

Anies mengatakan, tradisi saling mengucapkan permohonan maaf ketika memasuki bulan syawal merupakan tradisi unik hanya ada di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan beberapa pesannya di hari Lebaran. Ia mengingatkan, Idul Fitri bukan hanya momen kembali ke fitrah masing-masing pribadi.

"Ini adalah momen bagi kita untuk kembali ingat, kita sebangsa dan senegara dan ingin sama-sama bangun bangsa lebih baik," ujar Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (15/6/2018).

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan ini juga menekankan bahwa Kota Jakarta merupakan milik semua. Dia mengajak semua pihak saling mengingatkan, menghargai, dan menghormati.

"Lebih dari separuh tinggalkan Jakarta ini ingatkan kita bahwa Kota ini milik semuanya, bukan milik kita saja, semua berbondong-bondong datang ke Jakarta untuk dapatkan kehidupan yang lebih baik. Mudah-mudahan jadi refleksi," tuturnya.

Anies mengatakan, tradisi saling mengucapkan permohonan maaf ketika memasuki bulan Syawal merupakan tradisi unik hanya ada di Indonesia.

Menurut Anies, momen Idul Fitri merupakan pesan untuk selalu rendah hati dan tawadu dalam menjaga persatuan.

"Di saat satu bulan kita mencoba meningkatkan derajat ketakwaan, meninggikan derajat ketakwaan, di ujung kita merendahkan diri kita, hati kita, untuk bermaafan pada sesama," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Minta Maaf

Anies pun tak lupa untuk mengucapkan permohonan maaf serta selamat hari raya Idul Fitri yang dirayakan pada hari ini.

"Lebaran dulu kita, saya ucapkan selamat hari raya Id 1 Syawal 1439, dan ucapkan mohon maaf lahir batin," ucap Anies.

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.