Sukses

PKB Duga Keinginan Amien Rais Maju Ada Maksud Tersembunyi

Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais ingin maju menjadi calon presiden pada Pilpres 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais ingin maju menjadi calon presiden pada Pilpres 2019. Dia mengaku siap melawan Joko Widodo atau Jokowi.

Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Kadir Karding menilai ungkapan Amien Rais ini memiliki maksud tertentu. Tujuannya, kata dia, hanya satu.

"Saya memandang bahwa tujuan utama pencapresan Pak Amien adalah upaya peningkatan elektabilitas PAN," ucap Sekjen PKB Abdul Kadir Karding kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (11/6/2018).

Menurut dia, sangat sulit cari partai pengusung yang mau melirik Amien Rais.

"Karena sangat sulit cari partai pengusung hingga memenuhi syarat. Bisa jadi niatan capres itu memang ada. Tapi saya berkeyakinan motif utama adalah peningkatan elektabilitas PAN," kata Karding.

Sementara terkait wacana koalisi keumatan, dia menilai wacana itu tak akan terjadi. Dia mengatakan pembentukan koalisi itu sangat sulit.

"Saya belum melihat koalisi keumatan akan terjadi. Karena sangat sulit mempertemukan masing kepentingan masing-masing partai," pungkas Karding.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Keinginan Amien Rais

Sebelumnya, Amien Rais menyatakan keinginannya maju menjadi calon presiden pada Pilpres 2019 mendatang. Dia siap melawan Jokowi yang telah diusung oleh PDIP, Golkar, Hanura, NasDem dan PPP.

"Nanti PAN, kita akan mencapreskan tokoh-tokoh partai kita sendiri. Pertama Zulkifli Hasan, kedua Sutrisno Bachir, ketiga Hatta Rajasa, dan keempat Mbah Amien Rais," ujar Amien saat buka puasa bersama tokoh-tokoh PAN di rumah dinas Ketua MPR Zulkifli Hasan di Kompleks Widya Chandra, Jakarta Selatan dalam sambutannya dan disambut tepuk tangan, Sabtu (9/6).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.