Sukses

31 Mei Hari Tanpa Asap Rokok, Ketua DPR Minta Hal ini ke Pemerintah

Pemerintah, kata Bamsoet semestinya memaksimalkan perlindungan hak atas kesehatan masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR Bambang Soesatyo mendesak pemerintah memperbanyak kawasan tanpa asap rokok. Upaya itu menurutnya bagian dari memberikan perlindungan bagi kesehatan masyarakat.

Bamsoet -panggilan akrab Bambang- menyampaikan permintaan itu sebagai respons atas peringatan Hari Tanpa Asap Rokok se-Dunia yang jatuh setiap 31 Mei.

"Agar menjadikan peringatan tersebut sebagai momentum untuk mengingatkan kembali dan menyebarluaskan kepada masyarakat tentang bahaya merokok serta dampaknya bagi kesehatan,” ujar Bamsoet, Kamis (31/5/2018).

Legislator Golkar itu menambahkan, pemerintah semestinya memaksimalkan perlindungan hak atas kesehatan masyarakat. Misalnya, melakukan advokasi dan sosialisasi penerapan kawasan tanpa asap rokok di semua tatanan termasuk di dalam lingkungan keluarga.

Menurut Bamsoet, pemerintah sebenarnya sudah punya payung hukum untuk memperbanyak kawasan tanpa asap rokok. Antara lain, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2003 tentang Pengamanan Rokok bagi Kesehatan, serta PP Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakai bagi Kesehatan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ancam Generasi Penerus

Selain itu, pemerintah juga memiliki Peraturan Bersama Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri Nomor 188/MENKES/PB/I/2011 dan Nomor 7 tahun 2011 tentang Pedoman Pelaksanaan Kawasan Tanpa Rokok yang bertujuan menurunkan angka kecanduan rokok pada anak-anak dan remaja.

"Karena (rokok) dapat mengancam kualitas generasi penerus. Jadi upaya perlindungan atas kesehatan masyarakat harus dimaksimalkan,” ujar Bambang Soesatyo. 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.