Sukses

Indonesia Peringkat 34 Pengguna Bahasa Inggris

Liputan6.com, Jakarta: EF English First, lembaga pendidikan terkemuka dunia mengumumkan laporan komprehensif pertama tentang indeks kemampuan berbahasa Inggris di 44 negara dimana bahasa Inggris bukan bahasa yang digunakan. Hasil EF English Proficiency Index menempatkan Indonesia di peringkat 34 dari 44 negara.

Indeks menggunakan data uji unik (metodologi khusus) pada lebih dari dua juta orang di 44 negara yang menggunakan tes gratis secara online selama 2007-2009. Dengan nilai ekonomis yang dihabiskan untuk belajar bahasa Inggris pada sektor swasta, kemampuan bahasa Inggris negara Asia di bawah perkiraan.

Selanjutnya, walaupun negara Eropa performanya lebih baik, Spanyol dan Italia tertinggal dari Eropa Barat lainnya. EF English Proficiency Index juga menunjukkan korelasi antara kemampuan berbahasa Inggris dengan pendapatan nasional per orang di negara itu. Korelasi terlihat antara tingginya tingkat pendidikan dan kemapanan bidang ekspor negara bersangkutan.

"Di era kompetisi dan ekonomi global, kemampuan berbahasa Inggris adalah mutlak diperlukan untuk bekerja," kata Bill Fisher, Presiden divisi online EF Englishtown. Lebih lanjut katanya, "bagi negara berkembang untuk bisa berkompetisi di industri global dan memanfaatkan tren bisnis outsourcing, kemampuan berbahasa Inggris merupakan prioritas utama bagi masyarakatnya".

Laporan perdana EF EPI di 44 negara memberikan ilustrasi perbedaan kemampuan berbahasa Inggris terkini. Perbandingan negara dengan tetangga, bisnis asosiasi dan sekutunya menunjukkan hasil studi berbeda tentang prioritas nasional dan kebijakan sistem pendidikan di Eropa, Asia, dan Amerika Latin.(JUM)
    Loading