Sukses

Pemprov DKI Resmikan Alat Pengolah Limbah Jadi Air Bersih, Bisa Diminum?

Pemprov DKI baru saja meresmikan alat PAL-Andrich Tech System untuk pengolahan air limbah menjadi air bersih.

Liputan6.com, Jakarta Pemprov DKI baru saja meresmikan alat PAL-Andrich Tech System. Alat milik PD PAL Jaya itu berada di pusat instalasi pengelolaan limbah atau tinja Duri Kosambi, Jakarta Barat.

Dirut PD PAL Jaya Subekti mengatakan, latar belakang pengembangan sistem pengolahan air limbah menjadi air bersih adalah untuk efisiensi.

"Latar belakang kami melakukan pengembangan ini adalah untuk efisiensi sistem pengolahan limbah existing baik yang konvensional maupun mekanikal," kata Subekti saat dikonfirmasi Liputan6.com, Minggu (27/5/2018).

Menurut Subekti, pengelolaan air limbah atau tinja ditujukan untuk menjadi air bersih untuk keperluan sehari-hari, bukan air minum.

"Bisa menjadi air bersih yang bisa digunakan untuk utilitas, misal cuci mobil," ujarnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dalam Tahap Sertifikasi

Subekti menuturkan, alat tersebut sedang dalam tahap sertifikasi dari Kementerian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Dengan adanya teknologi itu, maka akan memangkas waktu dan biaya pengelolaan air limbah.

"Kita kembangkan terus," ucapnya.

Sebelumnya, Wagub DKI Sandiaga Uno mengatakan teknologi PAL-Andrich Tech System merupakan teknologi pengolahan limbah tinja pertama di Tanah Air. Alat tersebut menurut Sandi dapat memangkas waktu pengelolaan air limbah dari semula tujuh hari menjadi kurang dari satu jam.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.