Sukses

Viral Video Sobekan Alquran, Polisi: Jangan Terpancing

Polisi mendapat kabar soal video sobekan Alquran yang viral pada pukul 22.00 malam dan langsung memeriksa lokasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kitab suci Alquran dalam kondisi tersobek-sobek ditemukan bertebaran di Jalan Gunawarman, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Kabar itu viral dan menjadi perbincangan warganet di media sosial.

Dalam video berdurasi 27 detik yang beredar, terdengar suara seorang pria. Ia memberitahu banyak sobekan Alquran yang bertebaran di Jalan Gunawarman. Dari video itu tampak pengambilan gambar dilakukan pada malam hari.

Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Indra Jafar mengatakan, polisi tengah menyelidiki kebenaran video itu. Indra menghimbau masyarakat tidak terpancing video tersebut.

"Jangan terpancing, sikapi dengan kepala dingin. Serahkan kepada kami untuk menyelidiki," kata Indra saat dikonfirmasi, Senin (21/5/2018).

Polisi mendapat kabar soal video viral itu pada Minggu (20 Mei 2018) malam sekitar pukul 22.00.

"Kemudian kita kembangkan sendiri tanpa ada yang melapor. Kita tindaklanjuti. Pas kita datang ke TKP sudah bersih," kata Indra

Ia mengungkapkan, kasus video sobekan Alquran itu ditangani oleh Polda Metro Jaya yang turut dibantu oleh Kodim Jaya.

"Udah (cek lokasi). Polda, bahkan ngajak Kodim sama Korem. Kejadiannya malam Minggu, mungkin ya. Karena masih penyelidikan," ungkapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Maksud Tertentu

Indra menduga ada maksud tertentu di balik pembuatan dan penyebaran video tersebut.

"Orang-orang yang mempunyai kepentingan ingin memecah belah, jadi jangan terpancing. Siapa sih yang tidak tahu kalau Alquran itu sangat sakral? Mau muslim maupun non muslim juga tahu. Enggak mungkin lah mereka menggunakan akal sehat seberani itu," ujarnya.

Berikut isi suara dalam video yang berdurasi 27 detik:

"Ini Alquran ini bukannya uang, ini enggak tahu siapa yang nyobek-nyobek terus ngebuang di Jalan Gunawarman. Ini enggak tau ini, orang enggak punya otak apa enggak punya. Ini pokoknya orang tolol yang bukan ini Alquran. Ini kertas ini semua Alquran, bukan apa-apa ini kertas Alquran semuanya. Nih salah satu contohnya (sambil menunjukkan sobekkan Alquran)," kata suar di video yang tengah viral itu.

Reporter : Nur Habibie 

Saksikan video pilihan di bawah ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.