Sukses

Indonesia Desak Internal Palestina Akhiri Konflik

Dalam KTT OKI, Jusuf Kalla juga menyikapi pemindahan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Turki - Waki Presiden Jusuf Kalla (JK) mendesak kalangan internal Palestina bersatu untuk mengakhiri konflik. Sehingga dukungan negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) secara diplomatis akan semakin memperkuat posisi Palestina.

"Kalau Palestina, Hamas dan Fatah sendiri tidak bersatu, bagaimana mereka mau berunding dan menyelesaikan persoalan kalau di internal tidak bersatu. Oleh karena itu, Indonesia mendesak mereka bersatu terlebih dahulu, baru kita bersama-sama," kata Jusuf Kalla usai menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Luar Biasa OKI di Istanbul, Jumat petang, 18 Mei 2018 waktu setempat, seperti dilansir suarasurabaya.net, Sabtu (19/5/2018).

Dalam KTT OKI, JK juga menyikapi pemindahan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat dari Tel Aviv ke Yerusalem.

Terkait hal ini, dia menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus mendukung Palestina dan melayangkan protes atas pengakuan Israel sebagai Ibu Kota Israel oleh Presiden Donald Trump.

Meski Indonesia dan negara-negara OKI mendukung Palestina, menurut Jusuf Kalla, masa depan Palestina berada di tangan pemimpin dan rakyat Palestina sendiri.

Sehingga, perdamaian di internal Palestina harus bisa diwujudkan. Terlebih oleh para pemimpin dari kubu Hamas dan Fatah.

"Puluhan tahun Indonesia selalu mendukung Palestina, tentu kita mengapresiasi pandangan-pandangan yang keras dari masyarakat kita untuk itu. Namun hal-hal Palestina itu bagi kita (Indonesia) selalu berada dengan tegas di pihak Palestina," ujar Jusuf Kalla.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

JK Ikut Aksi Bela Palestina di Turki

Sebelum mengkuti KTT OKI, Wapres Jusuf Kalla mengikuti aksi damai untuk Palestina yang digelar di Lapangan Yenikapi, Istanbul, Turki, pada pukul 16.00 waktu setempat.

Dalam aksi tersebut, Wapres Jusuf Kalla bersama delegasi KTT OKI lainnya mendesak PBB untuk mengambil langkah tegas atas pemindahan Kedubes AS di Yerussalem.

Selain itu, mereka mendesak PBB untuk mengusut tewasnya sejumlah warga Palestina saat unjuk rasa di Jalur Gaza untuk menolak pemindahan Kedubes AS ke Yerussalem.

 

Baca berita menarik lainnya dari suarasurabaya.net di sini.

 

 

Saksikan video pilihan selengkapnya di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.