Sukses

Wapres JK Ikut Aksi Bela Palestina di Turki

Wapres Jusuf Kalla dan istrinya, Mufidah beserta rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Ataturk, pada pukul 7.55 waktu setempat untuk menghadiri KTT OKI.

Liputan6.com,Turki - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengikuti aksi damai untuk Palestina jelang pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Turki, Jumat, 18 Mei 2018. JK hadir atas undangan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

"Pak Wapres mengikuti aksi atas undangan Presiden Erdogan sebagai tuan rumah dan bentuk perjuangan Indonesia untuk Palestina," ujar Jubir Wapres Husain Abdullah di lokasi acara, seperti dikutip dari Antara.

Selain JK, delegasi negara-negara peserta KTT OKI dan rakyat Turki juga berkumpul di Lapangan Yenikapi, Istanbul, Turki, pada pukul 16.00 waktu setempat.

Dalam aksi tersebut, Wapres Jusuf Kalla bersama delegasi KTT OKI lainnya mendesak PBB untuk mengambil langkah tegas atas pemindahan Kedubes AS di Yerussalem.

Selain itu, mereka mendesak PBB untuk mengusut tewasnya sejumlah warga Palestina saat unjuk rasa di Jalur Gaza untuk menolak pemindahan Kedubes AS ke Yerussalem.

Presdien Erdogan bahkan sempat berorasi dan menyampaikan kepada rakyat Turki, bahwa aksi unjuk rasa tersebut turut dihadiri Wapres RI Jusuf Kalla. Sambil memperkenalkan Jusuf Kalla kepada ribuan rakyatnya yang memenuhi lapangan tepi Selat Bosporus itu.

Dalam aksi damai untuk Palestina itu, massa meneriakkan slogan-slogan anti-Amerika Serikat.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sikapi Pemindahan Kedutaan AS ke Yerusalem

Wapres Jusuf Kalla dan istrinya, Mufidah beserta rombongan tiba di Bandar Udara Internasional Ataturk, pada pukul 7.55 waktu setempat.

Jusuf Kalla dan rombongan disambut oleh Wakil Gubernur Istanbul, Dirjen Protokol Kemlu di Turki dan Atase Pertahanan RI di Ankara. 

KTT Luar Biasa OKI digelar untuk menyikapi perkembangan terkini di Palestina, menyusul pemindahan kantor Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS) dari Tel Aviv ke Yerusalem pada 14 Mei 2018.

 

Saksikan video pilihan selengkapnya di bawah ini: 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.