Sukses

Letjen Ryamizard Ryacudu KSAD Baru

Liputan6.com, Jakarta: Letnan Jenderal TNI Ryamizard Ryacudu terpilih sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat menggantikan Jenderal TNI Endiartono Sutarto yang ditetapkan sebagai Panglima TNI. Ryamizard yang kini menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis AD ini ditunjuk Presiden Megawati Sukarnoputri berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 26/TNI/1 Juni 2002 yang diterima Markas Besar TNI per Senin (3/6).

Menurut Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal TNI Sjafrie Sjamsoeddin, Mabes TNI secara formal mengajukan nama jenderal bintang dua kelahiran Palembang, 21 April 1950, untuk posisi KSAD. Dia menambahkan, keputusan tersebut telah sesuai dengan kebijakan regenerasi kepemimpinan di tubuh TNI. Siang ini, Mabes TNI mengadakan sidang Dewan Jabatan Kepangkatan Tinggi untuk menentukan mutasi di TNI AD, termasuk menempatkan pengganti Pangkostrad dan posisi Wakil KSAD yang lowong karena Letjen TNI Kiki Syahnakri pensiun.

Menurut jadwal, Presiden akan melantik KSAD Letjen Ryamizard Ryacudu di Istana Negara, Selasa besok. Selanjutnya, untuk pertama kali, serah terima jabatan KSAD baru bakal digelar di Parkir Timur Senayan pada 6 Juni mendatang. Selama ini, sertijab KSAD selalu berlangsung di Mabes TNI AD di Jalan Veteran, Jakarta Pusat.

Ryamizard adalah lulusan Akademi Angkatan Bersenjata Repulik Indonesia 1974. Selama ini, sulung dari sembilan bersaudara ini dikenal sebagai prajurit profesional yang taat menjalankan agama. Baru beberapa bulan menjabat Panglima Daerah Militer Jaya, suami Nora Trystiana, putri sulung mantan Wakil Presiden Try Sutrisno ini, ditunjuk Presiden Abdurrahman Wahid mengepalai Pangkostrad hingga kini. Pria bermata tajam ini sering tampak sebagai prajurit di lapangan dan akrab dengan pasukannya.(TNA/Imelda Sari dan Donny Indradi)