Sukses

Kunjungi Provinsi Odesa, Dubes Yuddy Beri Arahan ke WNI

Wakil Gubernur Odesa Svitlana Shatalova mengatakan pertemuannya dengan Dubes Yuddy merupakan salah satu upaya meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia denga Ukraina.

Liputan6.com, Jakarta - Duta Besar RI untuk Ukraina, Yuddy Chrisnandi menyambangi Provinsi Odesa. Dalam kunjungannya itu, Yuddy menjajaki kerjasama khususnya dalam bidang perdagangan dengan provinsi yang mempunyai 7 pelabuhan itu.

Dalam kunjungannya itu, Yuddy diterima oleh Wakil Gubernur Ibu Svitlana Shatalova, Acting Head of the Departement of Invesment, International and Interregional cooperation Ibu Olga Sickan, Head Of Regional Development Agency Ibu Iryna Vakhrameeva, dan Adviser to the head of Odesa Regional State Administraton Ibu Daria Antonenko

Wakil Gubernur Odesa Svitlana Shatalova mengatakan pertemuannya dengan Dubes Yuddy merupakan salah satu upaya meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia denga Ukraina.

"Odesa tertarik dalam investasi dalam bidang pertanian dan pariwisata, karena Odesa mempunyai infrastruktur yang cukup bagus dan mempunyai 300 Km pantai yang belum dioptimalkan potensinya," ucap dia dalam keterangan yang diterima, Rabu (16/5/2018).

Dia mengatakan, pihaknya sudah melakukan inisiatif perbaikan jalan tol sepanjang 200 km. Menurut dia, perbaikan jalan adalah langkah pertama untuk mrmbangun ekonomi. Odesa membuka tangan dan hati untuk kerjasama dengan Indonesia.

"Odesa mempunyai 7 pelabuhan yang dikelola oleh Administrasi Pelabuhan Ukraina, bekerja sama dengan pemerintah provinsi Odesa, dikarenakan tanah pelabuhan masih dimiliki oleh pemerintah provinsi Odesa," kata dia.

Sementara itu, Duta Besar Yuddy Chrisnandi mengaku kedatangannya ke Odesa merupakan untuk yang ketiga kalinya.

"Yang pertama untuk berlibur, kedua mengantarkan Wakil ketua DPR bidang Korpolkam Bapak Fadli Zon, dan ini yang ketiga ini sengaja untuk menemui gubernur Odesa, tapi beliau berhalangan hadir," kata dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Temui WNI

Sehari sebelumnya delegasi KBRI Kyiv juga mengunjungi WNI yang bekerja di Odessa. Sebagai tupoksi utama KBRI untuk memberikan pelayanan kepada warga indonesia diluar negeri. Untuk diketahui jumlah WNI yang berada di Odessa sebanyak 15 orang.

WNI tersebut sebagian besar bekerja sebagai terapis di salon dan griya perawatan. Sebagiannya orang indonesia yang menikah dengan orang Ukraina. Terdapat 3 salon dan griya perawatan yaitu Sun city Bali, dan 2 cabang spa salon Bali. Ketiganya dimiliki oleh orang Ukraina.

Dalam pertemuan dengan WNI diadakan audensi dengan Duta Besar dan staf. Duta besar menyampaikan bahwa keamanan dan keselematan WNI di luar negeri adalah mutlak tanggung jawab KBRI oleh karena itu KBRI membuka pintu selebarnya bagi WNI siapapun untuk menghubungi KBRI jika terjadi hal-hal yang memerlukan bantuan.

Pada kesempatan yang sama Panitia pemilu KBRI Kyiv juga melakukan pendataan WNI untuk pemfaktualan jumlah pemilih 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini