Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Tanggul Bendungan Patel Jebol di Kenya, 41 Orang Tewas

Liputan6.com, Kenya - Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahatir Mohamad kembali diambil sumpahnya sebagai Perdana Menteri Malaysia. Politisi berusia 92 tahun ini memimpin enam partai oposisi untuk memenangkan pemilu dan mematahkan dominasi Barisan Nasional yang telah memimpin selama enam dekade.

Mahatir Mohamad menggeser mantan Perdana Menteri Najib Razak yang reputasinya tercoreng skandal korupsi. Berita ini mengawali Jendela Dunia dalam Liputan6 Malam SCTV, Jumat (11/5/2018).

Bendungan Patel di Solai, Nakuru, Kenya, jebol Rabu malam waktu setempat. Jebolnya tanggul ini menyebabkan banjir yang menewaskan sedikitnya 41 orang dan menyebabkan ratusan orang terpaksa mengungsi. 20 orang diantara para korban adalah anak anak.

Sementara permukiman dengan radius hampir dua kilometer dari bendungan, terendam air. Pemerintah Kenya langsung melakukan pemeriksaan mengenai kondisi dan stabilitas enam bendungan lain di sekitar wilayah bencana ini.

Kepolisian New York, Amerika Serikat, mengujicoba sebuah alat anti skimmer karya sejumlah ahli komputer dari Universitas Florida. Alat ini bisa mendeteksi jika di sebuah mesin ATM terpasang alat skimmer kartu ilegal.

Dengan bentuk tipis dan sedikit lebih panjang dari kartu kredit atau debit, alat anti skimmer ini ketika dimasukan ke dalam mesin ATM akan mendeteksi apakah ada lebih dari satu alat pembaca kartu di mesin ATM tersebut, sekaligus memberikan informasi melalui layar yang tersambung dengan alat ini.

Sejauh ini, alat anti skimmer yang disebut skim reaper dibuat dengan biaya hanya $ 50 dan sangat membantu tugas kepolisian karena lebih banyak petugas yang bisa dikerahkan tanpa perlu pelatihan anti skimmer khusus.

Di Amerika Aerikat sendiri sudah lebih dari $ 1 miliar dicuri dari para konsumen melalui skimmer kartu kredit.