Sukses

Puan Akui Pertemuan Megawati dan Airlangga Bahas Cawapres Jokowi

Pertemuan antara Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akan digelar dalam waktu dekat.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Bidang Politik dan Keamanan PDI Perjuangan Puan Maharani mengungkap, pertemuan antara Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto akan digelar dalam waktu dekat. Puan mengakui pertemuan itu kemungkinan akan membahas calon wakil presiden yang akan mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

"Ya mungkin saja (bahas cawapres Jokowi), bisa saja dilakukam. Namanya juga pertemuan silaturahmi dan brain storming, kan tentu saja antarketua umum partai sama-sama membicarakan membicarakan masalah tersebut," kata Puan di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta, Kamis 3 Mei 2018.

Puan menyebut, arti penting dari pertemuan Megawati dan Airlangga adalah terjalinnya komunikasi yang baik antarpartai pendukung pemerintah jelang Pilpres 2019.

"Yang pasti paling tidak antara partai pendukung pemerintah harus terjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik untuk menyelaraskan pelaksanaan Pileg dan Pilpres," tegasnya.

Selain itu, kata Puan, pertemuan antar pimpinan partai juga bertujuan membuat suasana Pilkada dan Pemilu Serentak menjadi lebih kondusif. Serta, menyamakan visi misi menyambut pilkada dan agenda politik lainnya.

Sejumlah nama kader Golkar digadang-gadang bakal dicalonkan menjadi cawapres Jokowi, di antaranya Airlangga dan Jusuf Kalla. Puan menganggap sah-sah saja jika setiap partai pendukung menyodorkan nama kader menjadi cawapres.

"Ya sah-sah saja setiap partai pasti punya nama-nama yang akan diusulkan itu kan akan jadi pembicaraan di antara ketum partai mungkin juga sama dengan presiden," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kriteria

Namun, Menko PMK ini memastikan Megawati telah memiliki kriteria cawapres yang dianggap layak mendampingi Jokowi. Tak hanya PDIP, menurutnya, semua partai pasti menyiapkan kriteria cawapres sendiri.

"Pasti ada. Setiap partai pasti punya kriteria tertentu dan punya nama-nama yang sudah ada di kantong atau internal masing-masing," kata dia.

Disinggung soal apakah kriteria cawapres Jokowi berasal dari unsur sipil atau militer, Puan tak membantah pengurus DPP mengusulkan dua kriteria tersebut. Namun, Puan menyebut Megawati pasti memiliki pemikiran sendiri soal sosok cawapres Jokowi.

"Sipil militer semua itu akan kita kaji dan kita usulkan tentu saja bu Mega sudah punya pemikiran tertentu," tandas Puan.

 

Reporter: Renald Ghiffari

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.