Sukses

UNBK di Malang Gaduh Saat Komputer Mendadak Log Out

Sontak siswa peserta UNBK gaduh dan memanggi pengawas ruangan. Petugas langsung mereset komputer dan login ulang.

Liputan6.com, Malang - Peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP 6 Kota Malang, Jawa Timur, kaget saat sambungan internet mendadak log out ketika soal sedang dikerjakan.

Sontak siswa gaduh dan memanggi pengawas ruangan. Petugas melakukan reset komputer dan login ulang ke soal masing-masing siswa. Para siswa pun langsung kembali melanjutkan mengerjakan soal.

"Bisa juga karena pengaruh koneksi atau karena komputernya. Ini wajar, langsung teratasi, kita sudah antisipasi semua," kata Syarif Hidayatullah, salah satu proktor di SMP Negeri 6 Kota Malang, Senin (23/4/2018).

Sementara itu, Heny Farida, Wakil Kepala Sekolah SMP 6 Malang mengatakan, sebanyak 259 siswanya mengikuti UNBK. Ujian terbagi dalam dua gelombang, masing-masing empat kelas.

"Gelombang pertama pukul 7.30 WIB, tetapi siswa harus datang 1 jam sebelumnya," katanya.

Dari empat kelas, setiap ruangan diawasi dua orang pengawas, satu orang proktor, dan teknisi.

Selama pelaksanaan UNBK, SMP 6 Malang sengaja menyewa genset untuk kebutuhan daya.

Heny juga mengatakan, sekolahnya sengaja memilih menyewa genset untuk kebutuhan catu daya atau power supply. Karena selain banyak, jumlah komputer digunakan secara bersamaan.

 

Reporter: Kirom

Sumber: Merdeka.com

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.