Sukses

Gangguan Server Hambat Pelaksanaan UNBK SMP di Berbagai Daerah

Pelaksanaan Ujian Nasional Bebrbasis Komputer atau UNBK untuk tingkat SMP di berbagai daerah kembali bermasalah. Akibat server terganggu, pelaksanaan UNBK menjadi molor dari waktu yang ditentukan.

Liputan6SCTV, Bogor - Pelaksanaan Ujian Nasional Bebrbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMP kembali bermasalah. Di Bogor, Jawa Barat, siswa SMPN 3 belum bisa mengikuti UNBK, meski jadwal telah 90 menit berlalu akibat gangguan server.

Seperti ditayangkan Liputan6 Siang SCTV, Senin (23/4/2018), kondisi ini membuat para siswa memilih menyempatkan belajar bersama pelajaran yang akan diujikan di ruang transit. Namun, ada pula yang merasa kehilangan konsentrasi karena jadwal yang tak pasti.

Sementara itu, pihak sekolah memperkirakan, UNBK akan berlangsung hingga petang karena pelaksanaan UNBK dibagi tiga gelombang.

Gangguan server saat pelaksaan UNBK juga dialami sejumlah sekolah di Palembang, Sumatera Selatan. Salah satunya di SMP Negeri 8. Gangguan server terjadi saat para siswa tengah mengerjakan soal ujian, satu jam setelah UNBK dimulai.

Para siswa resah, sementara pihak sekolah menunggu petunjuk dari pusat. Ada sekitar 273 peserta UNBK di sekolah tersebut yang dibagi dalam tiga sesi.

Gangguan serupa dialami siswa SMP Negeri 06 Samarinda, Kalimantan Timur. Setelah sempat mengikuti ujian selama 20 menit, ujian dihentikan. Para siswa hanya bisa menunggu jaringan server kembali pulih sembari mengeluhkan soal-soal ujian yang sulit.

Di SMPN 06 Samarinda, terdapat ada sekitar 346 peserta yang mengikuti UNBK. Mereka terbagi dalam tiga sesi, yang masing-masing berdurasi 120 menit.

Â