Sukses

Menteri Agama: Jaga Iklim Kondusif pada Tahun Politik

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta setiap unsur masyarakat, terutama kepala kantor wilayah Kemenag se-Indonesia, untuk lebih proaktif dalam menjaga suasana damai.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin meminta setiap unsur masyarakat, terutama kepala kantor wilayah Kemenag se-Indonesia, untuk lebih proaktif dalam menjaga suasana damai dan kondusif pada tahun politik.

Lukman meminta jajaran Kemenag di seluruh Indonesia untuk bisa mengajak pengelola rumah ibadah menghadirkan penceramah yang tidak provokatif.

"Di Indonesia, banyak tokoh agama yang memiliki wawasan keagamaan mendalam dan moderat. Mereka perlu dihadirkan untuk memberikan pencerahan tentang moderasi agama," kata Menteri Agama Lukman dikutip laman Kemenag, Jakarta, Jumat (20/4/2018).

Rumah ibadah, lanjut dia, juga harus senantiasa memelihara kesuciannya dari ajang politik praktis pragmatis.

Menurut dia, seperti dilansir Antara, agama jangan dijadikan alat politik yang mengadu domba atau memicu gesekan di tengah masyarakat.

Menteri Agama mengatakan nilai agama justru harus dijadikan sebagai acuan agar masyarakat tetap bersatu dalam keragaman, bukan memecah belahnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kontrol Materi Ceramah

Khusus di tempat ibadah, dia mengajak tidak diisi dengan ceramah-ceramah bermateri kampanye politik praktis berikut konten penghinaan, penodaan, pelecehan terhadap pandangan dan keyakinan ibadah/antarumat beragama.

"Materi ceramah agar juga tidak mengandung provokasi untuk melakukan tindakan diskriminatif, intimidatif, anarkis, dan destruktif," kata Menteri Agama.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.