Sukses

Antisipasi Kebakaran Hutan, TNI AL Gelar Pelatihan Maritim di Jambi

Liputan6.com, Jambi - Mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan gambut di Provinsi Jambi, TNI Angkatan Laut menggelar pelatihan masyarakat maritim di Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Dari kegiatan tersebut diharapkan kebakaran lahan gambut yang memicu kabut asap dapat dicegah.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Selasa (17/4/2018), pelatihan bertempat di Balai Pertemuan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat, di Kuala Tungkal, Provinsi Jambi.

Kegiatan yang diprakarsai Dinas Pembinaan Potensi Maritim Mabes TNI AL ini bertujuan untuk mencegah terulangnya kebakaran hutan dan lahan gambut yang memicu kabut asap seperti tahun 2015.

"Pelatihan ini bertujuan supaya pengusaha-pengusaha tahu diri bahwa dengan sentuhan maritim kita sama-sama menjaga hutan. Dampaknya sangat merugikan dunia maupun kita sendiri," ujar Kadispotmar Mabes AL Brigjen TNI (Mar) Bambang Sutrisno.

Dari data BPBD (Badan Penganggulangan Bencana Daerah) Provinsi Jambi di tahun 2015, lahan seluas hampir 20 ribu hektare di Provinsi Jambi terbakar. 13 ribu hektare lebih di antaranya terjadi di lahan gambut di Kabupaten Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat dan Tanjung Jabung Timur.

Kebakaran lahan tersebut menyebabkan kabut asap yang menyelimuti seluruh wilayah Provinsi Jambi selama lebih dari satu bulan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video