Sukses

Soal Polemik Partai Setan, PAN: Tak Perlu Laporkan Pak Amien ke Polisi

Penjelasan-penjelasan lanjutan dalam ceramah Amien Rais, menurut dia, hanyalah pendalaman.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Sekjen PAN Saleh Partaonan Daulay menilai pernyataan yang disampaikan Amien Rais soal Partai Allah dan Partai Setan tidak perlu diperdebatkan. Menurutnya, kala itu Amien Rais yang diundang memberikan nasihat keagamaan di Mampang menjelaskan tentang masalah yang bersumber dari Alquran dan hadis.

"Soal Al-Quran sebagai sumber hukum Islam semua pasti sepakat. Tidak ada beda kita soal ini. Karena itu, jika beliau menjelaskan tentang adanya dua kelompok manusia menurut Al-Quran, ya itu apa adanya," kata Saleh kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (16/4/2018).

"Beliau kan menjelaskan inti sari Surat Al-Mujadalah ayat 19 dan 22. Silakan semuanya membuka surat dan kedua ayat itu. Di sana jelas disebutkan adanya golongan setan dan golongan Allah," imbuh dia menjelaskan.

Penjelasan-penjelasan lanjutan dalam ceramah itu, menurut dia, hanyalah pendalaman. Kalaupun ada menyebut golongan tertentu sebagai golongan Allah, namun Amien Rais tidak pernah menyebut golongan lain sebagai golongan sebaliknya.

Karena itu, tidak ada niat dan perilaku ujaran kebencian dalam ceramah itu. Sebagai tokoh Islam, Amien Rais sangat mumpuni untuk membimbing jamaahnya sesuai dengan tuntunan Al-Quran.

"Ini kan dianggap besar karena yang menyampaikan Pak Amien. Padahal, ayat Al-Quran yang dijelaskan beliau itu sudah ada sejak diturunkan," tegas dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Perlu Dilaporkan

Dia pun menilai hal itu tidak perlu dilaporankan ke Polda Metro Jaya. Karena masih banyak persoalan yang lebih penting untuk diselesaikan.

“Kalau setiap orang yang ceramah dilaporkan, kasihan poldanya. Padahal, banyak tindakan lain yang jauh lebih merugikan masyarakat yang semestinya mereka prioritaskan untuk diselesaikan," kata Saleh.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.