Sukses

TNI-Polri Bangun Pos Permanen di Tembagapura

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Mulyono memastikan pos permanen di Banti, Tembagapura, Kabupaten Timika, Papua, akan dibangun. TNI dan Polri akan bahu membahu membuatnya.

Menurut dia, langkah ini diambil untuk mencegah terjadinya baku tembak antara petugas dengan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Nanti akan jadi pos permanen di situ dengan kepolisian," kata Mulyono di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (4/4/2018).

Sebelumnya, sempat terjadi baku tembak antara di Banti, Tembagapura, Kabupaten Timika, Papua, pada Minggu 1 April dan Senin 2 April 2018 lalu. Menurut Mulyono, ketiadaan aparat keamanan yang berjaga menjadi penyebabnya.

"Waktu kita membebaskan itu kan kampungnya ditinggal pergi, sehingga diduduki mereka lagi. Kalau dari awal sudah kita duduki, mungkin tidak akan terjadi itu lagi," ungkap Mulyono.

"Makanya ke depan di situ akan kita tempatkan pos-pos dengan kepolisian kemudian rakyat kita lindungi di situ," sambung Mulyono.

 

1 dari 2 halaman

Jumlah Personel

Untuk jumlah personel yang ditempatkan di pos permanen itu, Mulyono mengaku masih mengkalkulasi, tergantung situasi di lapangan. Yang pasti, kata dia, para personel itu ditempatkan untuk mengamankan warga yang tinggal di Banti, Tembagapura.

"TNI melindungi warga. Supaya masyarakat bisa melakukan aktivitas," ucap Mulyono.

Artikel Selanjutnya
Moeldoko: Presiden Jokowi Restui Operasi Gabungan Antiteror TNI
Artikel Selanjutnya
Kapolri Instruksikan Seluruh Polisi Indonesia Siaga Satu