Sukses

Pilpres 2019, PDIP Akan Komunikasi dengan PAN dan Gerindra

Menurut PDIP, komunikasi antarparpol akan terus dilakukan sebagai perlambang gotong royong dalam pembangunan bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) akan menjalin komunikasi dengan Partai Amanat Nasional (PAN). PAN belakangan dikabarkan akan merapat ke koalisi PDIP yang mengusung calon petahana Joko Widodo.

"Kami tentu saja ke parpol PAN akan melakukan dialog," ujar Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Kantor DPP PDIP, Jakpus, Rabu (28/3/2018).

Tak hanya PAN, PDIP juga akan menjalin komunikasi dengan partai lainnya baik partai pendukung seperti Nasdem, PSI, Perindo, maupun parpol oposisi yakni Gerindra.

Menurut Hasto, komunikasi antarparpol akan terus dilakukan sebagai perlambang gotong royong dalam pembangunan bangsa.

"Kami mengambil inisiatif tersebut mengingat bangsa ini dibangun dari spirit gotong royong. Bahkan katakanlah parpol yang telah mengumumkan capres berbeda dengan Jokowi sekali pun kami akan buka ruang dialog itu," papar Hasto.

Selama ini komunikasi dengan partai lain telah dilakukan oleh PDIP meskipun tidak saling mengunjungi kantor DPP. Komunikasi secara intens juga dilakukan melalui forum-forum di DPR, di pilkada, maupun forum antarkader pimpinan partai.

"Itu merupakan proses dialogis yang terus menerus kami lakukan," ucap Hasto.

 

Saksikan video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Bahas Cawapres

Meski begitu, komunikasi antarpartai diakui Hasto belum mencapai bahasan cawapres. Topik cawapres akan didiskusikan saat pertemuan pimpinan partai pendukung.

"Nanti Bapak Jokowi, kemudian Bapak Jusuf Kalla, Ibu Mega, Pak Airlangga, Pak Romy, Pak Surya Paloh dan seluruh ketua umum partai yang sudah menyatakan dukungannya akan bertemu bersama-sama. Kemudian membahas berbagai persoalan bangsa dan negara yang muaranya nanti kepada siapa yang akan mendampingi Bapak Jokowi," tutur Hasto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.