Sukses

BPOM Kembali Temukan Cacing dalam Kaleng Sarden di Riau

BPOM kembali menemukan cacing dalam makanan kaleng di Pekanbaru, Riau, di tiga merek sarden.

Patroli Indosiar, Riau - Temuan lebih dari 62 ribu kaleng sarden tercemar cacing di Jambi, membuat razia gencar dilakukan petugas dinas kesehatan setempat. Dalam razia lanjutan, petugas menemukan  sarden mengandung cacing di Pekanbaru, Riau.
  
Seperti ditayangkan Patroli Indosiar, Minggu (25/3/2018), temuan cacing dalam sarden kemasan kaleng pertama kali merebak di Pekanbaru, Riau, pada Kamis 22 Maret 2018.

Dalam keterangan resminya, petugas Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru, Riau menyebutkan tiga merek makanan kaleng yang mengandung cacing. Merek tersebut mengandung cacing jenis anisakis atau cacing giling yang bisa menyebabkan sakit perut akut jika dikonsumsi.

Ketiga merek tersebut adalah Io, Farmer Jack, dan Hoki. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Pekanbaru menginstruksikan distributor ikan kaleng segera menarik produknya dari pasar.
 
Razia gencar dilakukan di sejumlah toko dan pasar swalayan utuk mencari tiga mereka sarden yang diproduksi di Tiongkok.
 
Sarden yang terkontaminasi ini sangat berbahaya karena bakteri dalam sarden bisa menembus saluran pencernaan hingga menyebabkan kematian.

Â