Sukses

Megawati Tunjuk Basarah dan Utut Duduki Pimpinan MPR/DPR

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menetapkan Ahmad Basarah sebagai pimpinan MPR RI dan Utut Adianto sebagai pimpinan DPR RI. Hal ini disampaikan oleh Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto.

"Megawati Soekarnoputri akhirnya menetapkan DR Ahmad Basarah sebagai Wakil Ketua MPR RI dan Drs Utut Adianto sebagai Wakil Ketua DPR RI," ujar Hasto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (19/3/2018).

Dia mengatakan, dengan masuknya Basarah dan Utut di kursi pimpinan MPR dan DPR RI, maka ini merepresentasikan pemenang Pemilu 2014 lalu.

"Dengan adanya representasi PDI Perjuangan baik di MPR maupun DPR RI, maka hal tersebut mencerminkan kesesuaian aspirasi antara suara rakyat yang memberi kepercayaan pada PDI Perjuangan sebagai pemenang Pemilu tahun 2014, dengan representasi susunan dan kompisisi pimpinan kedua lembaga negara tersebut," paparnya.

Bagi PDI Perjuangan, lanjut Hasto, adanya representasi partai pengusung utama pemerintahan Presiden Jokowi tersebu, maka akan meningkatkan konsolidasi politik.

"PDI Perjuangan menempatkan posisi Wakil Ketua MPR dan Wakil Ketua DPR RI tersebut sebagai momentum strategis untuk memperkuat konsolidasi politik pemerintahan Presiden Jokowi. Kedua wakil pimpinan dari PDI Perjuangan tersebut bertugas memberikan dukungan yang lebih efektif bagi program-program pemerintahan Jokowi," kata dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

1 dari 2 halaman

Kaderisasi Partai Membaik

Hasto menilai, dengan tampilnya Ahmad Basarah dan Utut Adiyanto, hal tersebut menunjukkan proses kaderisasi kepemimpinan partai berjalan semakin baik dan sistemik.

"Pak Basarah dan Pak Utut telah digembleng sebagai kader partai yang memiliki kesadaran ideologi, organisasi, politik, dan kesadaran untuk menyelesaikan masalah bangsa dan negara," tuturnya.

Keduanya dinilai Hasto tidak hanya menampilkan kepemimpinan yang berkarakter, namun juga memiliki disertai kecakapan manajerial yang handal. Keduanya juga berdedikasi untuk memperbaiki peningkatan kinerja kedua lembaga negara tersebut.

Dengan begitu, Hasto mengatakan, surat keputusan dikirimkan hari ini.

"Surat keputusan terkait dengan penetapan kedua kader PDI Perjuangan tsb dikirimkan hari ini, Senin 19 Maret 2018," tandas Hasto.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
PDIP dan Partai Kongres India Sepakat Lawan Politik Identitas
Artikel Selanjutnya
Belasan Pakar Apresiasi Keberpihakan Megawati pada Riset