Sukses

Kata Fadli Zon soal Postingan Foto di 3 Akun Medsos yang Dilaporkannya

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon mendatangi Bareskrim Polri pada Jumat (2/3/2018) sore. Fadli datang dengan membawa barang bukti berita hoax atau berita bohong dari tiga akun media sosial.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (3/3/2018), tiga akun media sosial yang di laporkan Fadli Zon adalah akun Mak Lambae Turah, Ananda Sukarlan, dan Berita Pintar.

Ketiga akun tersebut memposting foto Fadli Zon dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersama admin Muslim Cyber Army atau MCA sehingga diasumsikan adanya pertemuan terkait penyebaran berita hoax.

Politisi Gerindra itu mengaku foto tersebut sebenarnya diambil saat menghadiri acara penyambutan Eko, salah seorang simpatisan Anies-Sandi yang baru berjalan kaki dari Madiun ke Jakarta.

"Apa yang dituduhkan di Facebook dan di foto-foto itu ada makan-makan antara saya, Pak Prabowo, dan yang disebut sebagai admin MCA saya klarifikasi adalah bernama Eko yang merupakan simpatisan Partai Gerindra yang berjalan dari Madiun ke Jakarta sebagai bentuk nazarnya," Fadli Zon menjelaskan.

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Cyber Bareskrim Polri menangkap enam tersangka anggota MCA yang diduga menyebarkan hoax dan ujaran kebencian di sejumlah tempat terpisah. Mereka menyebarkan hoax tentang isu sara, isu PKI, penyerangan ulama, hingga fitnah terhadap pejabat pemerintahan.

Selain memiliki puluhan ribu akun untuk menyebarkan hoax para pelaku mempunyai ratusan ribu anggota yang tesebar di sejumlah daerah.