Sukses

Kemeriahan Jelang Perayaan Cap Gomeh di Bogor

Selain barongsai, sejumlah joli atau tandu yang akan digunakan untuk mengangkut rupang patung dewa juga diarak ke Vihara Dhanagun.

Fokus, Bogor - Sehari menjelang perayaan Cap Gomeh, panitia kegiatan Bogor Street Festival menggelar ritual arak-arakan joli atau tandu pengangkut rupang patung dewa ke Vihara Dhanagun di Bogor, Jawa Barat, Kamis pagi.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Jumat (2/3/2018), sepasang barongsai kilin tampak diikutsertakan dalam ritual arak-arakan joli ke Vihara Dhanagun di Bogor. Barongsai hitam yang dikenal sebagai barongsai kasta tertinggi karena diyakini menjadi tunggangan para dewa ini tampak lincah bergerak mengikuti irama.

Selain barongsai, sejumlah joli atau tandu yang akan digunakan untuk mengangkut rupang patung dewa juga diarak ke Vihara Dhanagun.

Pada perayaan Cap Gomeh yang kali ini bertajuk Bogor Street Festival, hari Jumat, puluhan joli akan dikirab di sepanjang Jalan Suryakencana, Bogor. Sedangkan ritual sayat lidah akan digelar khusus di Vihara Dhanagun. Tak heran sejumlah tamu dan pengisi acara dari berbagai vihara di Jabodetabek berdatangan.

"Di vihara sudah mulai berdatangan tamu-tamu yang dekat dan nanti disini ada kegiatan ritual," kata ketua panitia Arifin Himawan.

Meski diwarnai turunnya hujan, ritual arak-arakan joli ini tetap berlangsung meriah dan menarik perhatian warga khususnya di sekitar Vihara. Selain kental dengan aroma perayaan cap gomeh, Bogor Street Festival juga akan menampilkan pertunjukan seni dari sejumlah provinsi di Indonesia.