Sukses

Siapa Pengganti Irjen Heru Winarko di KPK?

Untuk sementara, kata Agus, akan ada seorang Direktur di KPK yang akan mengisi jabatan sementara sebagai Deputi Bidang Pendindakan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Raharjo memastikan akan segera mencari pengganti Irjen Heru Winarko sebagai Deputi Bidang Penindakan di KPK, usai ditunjuk Jokowi jadi Kepala BNN.

Untuk sementara, kata Agus, akan ada seorang Direktur di KPK yang akan mengisi jabatan sementara sebagai Deputi Bidang Pendindakan.

"Ya nanti salah satu direktur di bawahnya jadi plt. Tapi segera akan kita lakukan tes. Segera itu enggak lama," kata Agus di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Menurut Agus, pihaknya akan melelang dan tes terbuka untuk mengisi jabatan yang ditinggal oleh Heru. Ia mengatakan posisi itu bisa diisi oleh anggota Polri maupun jaksa yang bertugas di KPK.

"Tanggal 10 Maret tesnya. Mudah-mudahan bukan hari minggu. Kita lakukan dengan terbuka. Jadi kita undang kejaksaan kita undang polisi juga dari dalam," ucap Agus.

Ketika disinggung mengenai peluang Direktur Penyidikan KPK Brigjen Aris Budiman berpeluang menggantikan Heru, Agus tidak bisa memastikan.

"Enggak. Karena Pak Aris ada penugasan yang lain," tandas dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sertijab Senin Pekan Depan

Irjen Heru Winarko telah resmi menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Ia menggantikan Komjen Budi Waseso yang telah pensiun.

Heru mengatakan serah terima jabatan Kepala BNN akan segera dilakukan dalam waktu dekat. Tepatnya pada Senin 5 Maret 2018 mendatang.

"Tadi pak Buwas menyampaikan hari Senin kita akan tukar memori serah terima," kata Heru usai pelantikan di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Heru memastikan ia akan melanjutkan apa yang menjadi kebijakan Budi Waseso dalam hal pemerantasan narkoba. Terutama soal pencegahan, pemberantasan, dan rehabilitasi.

Selain itu, ia berharap kerja sama semua stakeholder dan pemangku kepentingan untuk sama-sama berjuang dalam hal pemberantasan narkoba.

"Semua instansi semua warga negada di Indonesia ini. Bahwa narkoba musuh kita bersama," ucap Heru.

Presiden Jokowi menunjuk Irjen Heru Winarko sebagai pengganti Kepala BNN sebelumnya, Komjen Budi Waseso atau Buwas

Buwas diganti karena akan memasuki masa pensiun. Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, mulai pukul 09.00 WIB.

Upacara pelantikan diawali dengan pembacaan surat Keputusan Presiden bernomor 14 M Tahun 2018 tentang pengangkatan Heru dan pemberhentian dengan hormat Budi Waseso.

"Menetapkan dan seterusnya, mengangkat Inspektur Jenderal Polisi Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional dan diberikan struktur eselon 1 a. Ditetapkan di Jakarta tanggal 28 Februari 2018," ujar Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Cecep Setiawan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.