Sukses

Puluhan Warga di Cirebon Keracunan Kerang Hijau

Polisi telah mengamankan sampel kerang yang disinyalir menjadi pemicu terjadinya keracunan.

Liputan6.com, Jakarta - Puluhan warga dilarikan ke puskesmas dan rumah sakit karena keracunan kerang hijau. Polisi telah mengamankan sampel kerang yang disinyalir menjadi pemicu terjadinya keracunan tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Sabtu (27/01/2018), korban keracunan kerang hijau yang terjadi di sejumlah blok, di Kecamatan Suranenggala, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat menjalani perawatan intensif di puskesmas dan rumah sakit, pada Jumat siang, 26 Januari 2018.

Meski sempat mengalami penurunan daya tahan tubuh, kondisi empat korban keracunan yang dirawat di puskesmas, kian membaik. Rasa mual, muntah, pusing, dan keram yang sempat dialami mulai berkurang.

Dari 32 warga yang sempat mengeluhkan gejala keracunan, tujuh di antaranya menjalani rawat inap lantaran keracunan yang dialami cukup serius. Sebagian korban tak menyangka, jika kerang yang biasa dikonsumsi, menyebabkan mereka keracunan hingga menjalani perawatan medis.

Kerang hijau yang dikonsumsi para korban, merupakan pemberian seorang warga usai panen di laut. Sementara, pihak puskesmas bersama TNI dan Polri, terus melakukan pendataan terkait korban keracunan kerang ini.

Petugas juga telah mengambil sampel kerang yang dimasak dan dikonsumsi para korban untuk dilakukan uji laboratorium. Sejauh ini, puskesmas merawat empat korban keracunan dan merujuk tiga korban lainnya ke Rumah Sakit Pertamina, Klayan.