Sukses

Selain Sudirman-Thamrin, Jalan Ini Ditutup Saat Malam Tahun Baru

Dishub DKI mengimbau kepada masyarakat khususnya para pengguna jalan menghindari ruas-ruas jalan yang ditutup selama malam Tahun Baru 2018.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menggelar malam bebas kendaraan bermotor atau car free night pada perayaan pergantian tahun baru pada Minggu, 31 Desember 2017. Car free night akan berlangsung dari kawasan Patung Kuda hingga Bundaran Senayan, Jakarta.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, ada sejumlah ruas jalan yang akan ditutup pada saat kegiatan itu berlangsung.

"Selama dilakukan penutupan, lokasi jalan tersebut steril dari lalu lintas kendaraan bermotor dan sepeda (kecuali petugas), serta delman dan gerobak pedagang kaki lima," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (30/12/2017).

Ruas-ruas jalan yang ditutup saat malam pergantian Tahun Baru 2018 adalah sebagai berikut:

- Jalan Majapahit (sisi Timur, Simpang Harmoni sampai dengan Simpang Medan Merdeka Utara)

- Jalan Veteran 3

- Jalan Museum- Jalan Medan Merdeka Barat (sisi Barat dan Timur)

- Jalan Medan Merdeka Selatan (sisi Utara dan Selatan)

- Jalan MH Thamrin (Bundaran Air Mancur/Patung Kuda sampai dengan Dukuh Atas)

- Jalan Jenderal Sudirman (arah Selatan hingga Utara untuk jalur cepat akan ditutup mulai dari depan simpang fly over Prof Dr Satrio/Casablanca sampai Dukuh Atas, sedangkan jalur lambat ditutup mulai simpang Dukuh Atas/BNI 46)

- Jalan Budi Kemuliaan

- Jalan Kebon Sirih (Simpang Jembatan Serong sampai dengan Simpang Jalan Agus Salim/Sabang)

- Jalan Wahid Hasyim (Simpang Jalan Mas Mansyur sampai dengan Simpang Jalan Agus Salim/Sabang).

- Jalan Kebon Kacang- Jalan Imam Bonjol (Simpang Jalan Agus Salim/Jalan Pamekasan sampai dengan Bundaran HI)

Sigit mengimbau, kepada masyarakat khususnya para pengguna jalan agar menghindari ruas-ruas jalan itu dan bisa mencari alternatif ruas jalan lainnya saat merayakan pergantian Tahun Baru 2018.

"Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan di jalan," ucap Sigit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jalan Ditutup Sejak Pukul 17.00 WIB

Selama perayaan malam tahun baru, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melakukan penutupan jalan dan pengalihan lalu lintas yang akan berlangsung pada Minggu, 31 Desember 2017 pukul 19.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB.

Lokasi di Taman Monumen Nasional (Monas) dan sepanjang jalan mulai Jalan Medan Merdeka Barat (Patung Kuda), Jalan MH. Thamrin (Bundaran HI) hingga Jalan Jenderal Sudirman sampai dengan Dukuh Atas.

"Akan dilakukan penutupan jalan selama acara berlangsung secara bertahap mulai 31 Desember 2017 pukul 17.00 WIB sampai dengan 1 Januari 2018 pukul 01.00 WIB dengan memperhatikan situasi di lapangan,'' ujar Sigit.

3 dari 3 halaman

Transjakarta Tetap Operasi

Layanan Bus Transjakarta tetap beroperasi pada saat gelaran car free night di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat atau pada malam pergantian Tahun Baru 2018.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, layanan Bus Transjakarta tidak akan terganggu dengan adanya perayaan malam tahun baru di kawasan itu.

"Yang pasti layanan Transjakarta tidak boleh terganggu atau terhambat," ucap Sigit di sela-sela Technical Floor Game dalam rangka Pergantian Malam Tahun Baru 2018" di Gedung Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Cideng, Jakarta Pusat, Rabu (27/12 /2017).

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, kata Sigit, juga akan menyiapkan kantong-kantong parkir di kawasan Jalan Cengkeh, Kota Tua, Jakarta Barat, dan kawasan Blok M, Jakarta Selatan.

Masyarakat diimbau untuk memarkirkan kendaraan mereka di dua kantong parkir itu dan lanjut naik Bus Transjakarta jika ingin merayakan malam tahun baru di kawasan Jalan MH Thamrin dan Monumen Nasional atau Monas.

"Tetap opsi pertama kita layanan Transjakarta harus bisa berjalan karena kantong-kantong parkir yang disiapkan tentunya di kawasan Blok M dan jalan Cengkeh di Kota Tua. Ini untuk memastikan Transjakarta tetap beroperasi," kata Sigit.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.