Sukses

Alasan Jokowi Tunjuk Marsekal Hadi Tjahjanto Jadi Calon Panglima TNI

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menunjuk Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Jenderal TNI Gatot Nurmantyo yang memasuki masa pensiun. Jokowi juga sudah berkirim surat pada pimpinan DPR terkait penunjukan tersebut.

Seperti ditayangkan Liputan6 Pagi SCTV, Selasa (5/12/2017), Jokowi menilai Hadi Tjahjanto punya jiwa kepemimpinan yang kuat untuk menjabat sebagai Panglima TNI.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Fadli Zon membenarkan telah menerima surat dari Jokowi yang diantar Menteri Sekretaris Negara Pratikno soal penunjukan Hadi sebagai calon panglima. Surat tersebut akan dibacakan dalam Rapat Paripurna DPR kemudian dibahas di Komisi I.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto merupakan lulusan Akademi Angkatan Udara tahun 1986. Pria kelahiran Malang 8 November 1963 ini mengawali kariernya di Skuadron IV yang bermarkas di Lanud Abdulrachman Saleh.

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi terkenal setelah membongkar korupsi di Kementerian Pertahanan seperti pengadaan pesawat dan helikopter.