Sukses

Jokowi Laporkan Piringan Hitam Metallica dari PM Denmark ke KPK

Johan belum mengetahui kapan Jokowi akan melaporkan hadiah dari PM Rasmussen itu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melaporkan hadiah piringan hitam band Metallica ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Piringan hitam Metallica tersebut diberikan Perdana Menteri (PM) Kerajaan Denmark Lars Lokke Rasmussen saat kunjungan kenegaraannya ke Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Selasa 28 November 2017.

"Presiden berencana melaporkan penerimaan hadiah berupa pringan hitam Metallica dari PM Denmark kepada KPK dalam waktu dekat," ujar Juru Bicara Presiden, Johan Budi SP, saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu (29/11/2017).

Kendati begitu, Johan belum mengetahui kapan Jokowi akan melaporkan hadiah dari PM Rasmussen itu. Menurut dia, kemungkinan mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan melaporkan dalam minggu ini.

Jokowi dikenal sebagai penikmat setia musik rock. Bahkan, kaset album dari berbagai musikus rock mancanegara dari tahun 1970-an masih dia simpan. Selain itu, ia juga mengoleksi berbagai macam kaus bergambarkan band rock favoritnya.

Kecintaannya terhadap musik rock ditampakkan sejak ia masih menjabat Wali Kota Solo. Dia kerap mendengar alunan lagu-lagu band rock di sela-sela pekerjaannya sebagai pemimpin daerah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dapat Bass

Presiden Jokowi pernah juga mendapat bas dari promotor Jonathan Liu saat masih menjadi Gubenur DKI Jakarta. KPK kemudian menyatakan bas masuk dalam kategori gratifikasi lantaran diberikan berkaitan dengan jabatan Jokowi.

"Gitar itu merupakan pemberian terkait jabatan, yang diberikan oleh pihak promotor Jonathan Liu kepada Jokowi. Jadi, gitar itu milik negara," kata Direktur Gratifikasi KPK Giri Supradiyono usai bertemu Jokowi di Balai Kota, Jakarta Pusat, Mei lalu.

Di atas bas berwarna merah marun itu terdapat tanda tangan dari basis band Metallica Roberto Trujillo beserta sebuah pesan singkat bertuliskan, "Giving back! To Jokowi: Keep playing that cool, funky bass!‎"

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi