Sukses

Lumpur Dingin Gunung Agung Mengalir ke Perbatasan Karangasem

Warga Dinas Bukit Desa Sukadana, Kabupaten Karangasem dikejutkan dengan aliran air berwarna coklat keabuan menyerupai lahar dingin.

Liputan6.com, Bali - Aliran lumpur yang berasal dari debu vulkanik Gunung Agung tidak hanya di wilayah kabupaten Karangasem. Warga di perbatasan Kabupaten Karangasem dengan Kabupaten Buleleng ikut menyaksikan aliran lumpur lahar dingin.

Seperti ditayangkan Liputan6 Petang Terkini SCTV, Selasa (28/11/2017), warga Dinas Bukit Desa Sukadana, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem dikejutkan dengan aliran air berwarna coklat keabuan menyerupai lahar dingin.

Aliran air yang bercampur lumpur materi Gunung Agung ini membelah perbatasan Desa Ban dan Desa Sukadana. Bahkan aliran air yang cukup deras tersebut berbau belerang yang menyengat hidung.

Sementara itu, Camat Kubu, Made Suartana mengatakan, pihaknya sudah mendapat laporan dari warga terkait adanya lahar dingin. Made akan segera melaporkan fenomena tersebut ke pemerintah Karangasem. Made juga khawatir jika aliran yang diduga lahar dingin membelah jalan raya. Sebab, di muara aliran lahar ini, tidak ada jalur khusus yang bisa dilalui oleh aliran lahar dingin.