Sukses

Petugas Jaga Ketat Lokasi Pemberian Marga Kahiyang

Penjagaan juga dilakukan petugas menggunakan baju batik di depan pintu masuk rumah paman Bobby.

Liputan6.com, Medan - Putri Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu akan segera mendapat marga Siregar. Pemberian marga atau mangalehan marga dalam adat Mandailing dilakukan di kediaman paman Bobby Nasution, Doli Sinomba Siregar.

Pantauan Liputan6.com, pemberian marga di Jalan Suka Tangkas Nomor 17, Kelurahan Suka Maju, Kecamatan Medan Johor, Medan, Sumatera Utara, mendapat pengamanan ketat yang dilakukan petugas keamanan, baik unsur TNI maupun Polri.

Penjagaan juga dilakukan petugas menggunakan baju batik di depan pintu masuk rumah paman Bobby. Di pintu masuk dipasang detektor untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, pihaknya mengerahkan 300-an kekuatan pengamanan tertutup maupun terbuka yang tergabung dari TNI-Polri.

"Prosedur sudah menggunakan cara-cara pengecekan dan pengamanan lainnya," kata Paulus, Selasa (21/11/2017).

Kapolda menerangkan, acara pemberian marga untuk Kahiyang merupakan rangkaian pernikahan yang di dalamnya ada bungkusan budaya, artinya euforia masyarakat sangat tinggi untuk menyaksikan, dan tentunya akan menimbulkan penumpukan masyarakat yang terlibat hingga yang menyaksikan.

"Apa yang menjadi milik bangsa dan negara, yaitu kebudayaan itu sendiri, jangan dihalangi, tapi harus tertib," terangnya.

Sekitar pukul 10.00 WIB Kahiyang-Bobby beserta rombongan tiba di lokasi, dengan menumpangi mobil sedan hitam. Keduanya turun didampingi pihak keluarga dan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). Kahiyang menggunakan kebaya sedangkan Bobby Nasution mengenakan jas hitam.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sedang Berlangsung

Paman Bobby Nasution, Doli Sinomba Siregar mengatakan, rangkaian acaranya adalah Kahiyang Ayu beserta rombongan datang untuk menyampaikan tujuannya.

"Setiap pengantin laki-laki di marga kami, biasanya mengambil boru tulang, dalam hal ini Kahiyang tidak Mandailing, tentu kita angkat dan bergabung dalam marga kita, khususnya Siregar dan nantinya sebagai anak kita di sini," ungkap Doli.

Hingga berita diturunkan, prosesi pemberian marga Sirgar untuk Kahiyang sedang berlangsung.

Saksikan vidio pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.