Sukses

3 Trending Topic Setya Novanto yang Bikin Ngakak

Liputan6.com, Jakarta - Setya Novanto menjadi sosok tersohor saat ini. Tak hanya di dunia nyata, nama Ketua DPR itu juga berkibar di dunia maya.

Masyarakat mulai geram dengan sikap Setya Novanto yang beberapa kali tidak menghadiri pemeriksaan KPK terkait kasus e-KTP. Sejumlah alasan disampaikan saat jadwal pemeriksaan tiba. Mulai dari menghadiri acara partai hingga mengikuti acara panen raya padi di kelompok tani di Desa Noelbaki, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang.

Puncaknya, KPK menyambangi rumah pribadinya di Jl Wijaya XIII No 19, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu malam hingga Kamis dini hari, 15 dan 16 November 2017. Namun upaya KPK untuk menangkap Setya Novanto gagal. Ketua Umum Partai Golkar itu tiba-tiba menghilang.

Sosok Setya Novanto lantas menjadi orang yang paling diburu. KPK mengultimatum agar dia menghadiri pemeriksaan KPK jika tidak ingin dimasukkan ke dalam Dafftar Pencarian Orang (DPO). Namun saat akan mendatangi gedung KPK, Setya Novanto mengalami kecelakaan menabrak tiang listrik.

Pengacaranya, Fredrich Yunadi mengatakan, akibat kecelakaan itu, Setya Novanto mengalami luka-luka dan langsung pingsan. Mobil Fortuner B 1732 ZLO yang ditumpanginya pun hancur.

Setya Novanto pun menjalani perawatan di RS Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan. Selang satu hari, pejabat negara tersebut dirujuk ke RSCM lantaran perlu pemeriksaan MRI. Sementara, alat pemeriksaan MRI di RS Permata Hijau rusak.

Rangkaian kejadian itu menjadi perhatian warganet. Seolah geram, mereka menumpahkan kekesalannya melalui tulisan maupun meme-meme yang diunggah dalam masing-masing akun Twitter-nya. Alhasil, runutan tiga peristiwa itu menjadi trending topic. Apa saja?

 

2 dari 4 halaman

1. #IndonesiaMencariPapah

Keberadaan Setya Novanto hingga kini masih menjadi misteri. Ketua Partai Golkar itu mendadak hilang setelah KPK akan menangkapnya di rumah pribadi di Jalan Wijaya XIII, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Tak hanya dunia nyata yang heboh, dunia maya turut mencarinya. Hastag atau tanda pagar #IndonesiaMencariPapah nagkring di peringkat pertama dalam trending topic di Twitter. Warganet geram atas sikap ketua DPR tersebut.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (16/11/2017), beragam komentar ditulis warganet. Bahkan meme-meme tentang Setya Novanto pun diunggah dalam masing-masing akun mereka.

"Papah cepat pulang, lagi banyak tamu ni kerumah mau lihat rumah papah yang meiwahhh #IndonesiaMencariPapah," tulis @kristianjappry.

"Please deh pah, mending papah cepet pulang. Kami sebagai laki2 di cap jelek karna papah suka menghilang, kesannya semua laki2 suka menghilang #IndonesiaMencariPapah," tulis warga net lain, @biinnosp.

Tak lupa, meme-meme tentang Setya Novanto juga menghiasi hastag tersebut. Foto Setya Novanto bahkan dipajang seperti halnya buronan.

 

3 dari 4 halaman

2. #SaveTiangListrik

Setelah dilaporkan menghilang pada Kamis (16/11/2017), tepat saat KPK menerbitkan surat perintah penangkapan terhadap Setya Novanto, warganet kembali dibuat terkejut dengan kabar Ketua DPR RI tersebut kecelakaan.

Seperti disebutkan sebelumnya, mobil yang ditumpangi tersangka kasus korupsi e-KTP itu menabrak tiang listrik yang mengakibatkan bagian depan mobilnya hancur saat menuju ke gedung KPK.

Uniknya, alih-alih prihatin terhadap kondisi Setya Novanto, warganet justru lebih mengkhawatirkan kondisi tiang listrik setelah ditabrak mobil Fortuner milik Ketua DPR itu.

Alhasil, warganet pun menyerukan tagar SaveTiangListrik (#SaveTiangListrik) di Twitter. Berdasarkan pantauan Tekno Liputan6.com, Jumat (17/11/2027) pagi, #SaveTiangListrik menjadi trending topic nomor satu di Twitter Indonesia.

Beberapa pengguna Twitter justru mendoakan agar tiang listrik yang ditabrak baik-baik saja, dan lainnya menganggap kasus Setya Novanto ini layaknya sebuah film drama murahan.

Berikut adalah sejumlah twit kocak penuh canda dari warganet yang Tekno Liputan6.com rangkum dari Twitter.

Pengguna Twitter dengan akun @dhytama12 mengunggah gambar di mana tiang listrik yang ditabrak mobil Setya Novanto sedang dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD).

 

4 dari 4 halaman

3. #RSCM

Tak hanya kedua isu tersebut yang menjadi trending topic, tempat rujukan Setya Novanto juga menjadi sorotan warganet. Setya Novanto dirujuk ke RSCM setelah sehari dirawat di RS Medika Permata Hijau, Jakarta Selatan.

Pantauan Liputan6.com, Jumat (17/11/2017), pukul 14.38 WIB, topik RSCM memuncaki topik populer di Twitter. Ada 1.864 warganet yang berkicau soal RSCM. Para warganet mengungkapkan "kekesalannya" dengan beragam tulisan.

"Gawat !! Papa di pindah ke rscm, sepertinya harus oprasi Cesar, ada bayi tiang listrik di perut!" tulis @damai45.

"Semoga dokter di RSCM memeriksa dengan benar, kalau bohong siap2 azab menantimu. Amin ya Allah," tulis warganet lainnya, @mulyadihadi43.

Bahkan ada warganet yang mengunggah meme terkait dengan Setya Novanto. Meme tersebut diambil dari gambar sebuah produk makanan biskuit.

 

Saksikan video pilihan berikut ini: