Sukses

Massa Aksi 299 Berdatangan, Lalu Lintas di Sekitar DPR Tersendat

Aparat kepolisian belum menutup Jalan Gatot Subroto persis di depan Gedung DPR-MPR.

Liputan6.com, Jakarta - Massa Aksi 299 dari berbagai elemen masyarakat mulai memadati kawasan sekitar Gedung DPR-MPR. Akibatnya, lalu lintas di sekitar lokasi tersendat.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, aparat kepolisian belum menutup Jalan Gatot Subroto persis di depan Gedung DPR-MPR. Sementara massa mulai menyemut di sisi ruas jalan atau menempel pagar Gedung DPR-MPR.

Beberapa mobil komando dari Front Pembela Islam (FPI), Presidium Alumni 212, dan Persaudaraan Pekerja Muslim Indonesia (PPMI) sudah terparkir di depan Gedung Parlemen.

Kepadatan juga terpantau di Jalan Gerbang Pemuda atau persis di depan Kantor TVRI, Senayan, Jakarta. Sebagian massa juga berkerumun di sepanjang ruas paling kiri jalan tersebut.

Mereka terpantau sedang beristirahat untuk persiapan aksi. Sebagian massa sedang mendirikan posko kesehatan. Sebagian lainnya antre masuk masjid kompleks TVRI persiapan salat Jumat.

Belum ada orasi yang disuarakan massa demonstran. Sebab Aksi 299 ini baru akan dimulai setelah Salat Jumat siang ini.

Sementara itu, ribuan aparat kepolisian lengkap dengan kendaraan taktisnya tengah bersiaga di dalam Kompleks DPR-MPR. Mereka berjaga-jaga mengamankan jalannya kegiatan penyampaian pendapat di muka umum.

Beberapa petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan DKI terpantau sibuk mengurai kemacetan di Jalan Gatot Subroto dan Jalan Gerbang Pemuda, Senayan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pengalihan Arus Lalu Lintas

Berikut rekayasa lalu lintas selama aksi 299 berlangsung di Gedung DPR-MPR, Senayan:

1. Pada saat massa sudah berkumpul di depan Gedung DPR-MPR, jalur sepanjang Jalan Gatot Subroto atau depan Gedung DPR-MPR, diusahakan tetap ada ruang atau lajur untuk kegiatan lalu lintas sambil mengimbau masyarakat tidak menutup jalan.

2. Apabila terjadi kemacetan di depan Gedunh DPR-MPR, disiapkan rekayasa dalam bentuk alih arus sebagai berikut:

a. Arus lalu lintas dari Cawang arah Slipi dialihkan ke Jalan Gerbang Pemuda - Palmerah - Permata Hijau atau ke Slipi - Jalan S Parman dan seterusnya.

b. Arus dari Lapangan Tembak arah Slipi diluruskan ke Layang Farmasi - Benhil - Penjernihan - Pejompongan - Slipi - Jalan S Parman dan seterusnya.

c. Arus lalu lintas keluar di off ramp Pulau Dua diluruskan keluar Slipi Jaya.

d. Arus lalu lintas dalam tol yang keluar atau off ramp Senayan diluruskan keluar Semanggi.

e. Off ramp (keluar tol Polda) dilakukan buka tutup.

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.