Sukses

JK Setuju Setya Novanto Mundur dari Ketum Golkar?

Pernyataan JK ini terkait hasil Rapat Pleno Harian DPP Partai Golkar, Senin 26 September 2017.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Presiden Jusuf Kalla yang merupakan politikus senior Partai Golkar, mendukung wacana mundurnya Setya Novanto dari kursi Ketua Umum Golkar.

Pria yang akrab disapa JK ini menuturkan, hal yang tepat jika Setya Novanto mundur dari posisi di Golkar saat ini. Sebab, kata dia, partai punya pengaruh besar terhadap apa yang dilihat oleh publik.

"Sepantasnya begitu. Karena ini kita tidak bicara pribadi atau kita tidak bicara hanya legalitas. Kita bicara image (citra). Partai itu tergantung image masyarakat," kata JK di kantornya, Jakarta, Selasa (26/9/2017).

Pernyataan JK ini muncul terkait hasil Rapat Pleno Harian DPP Partai Golkar, Senin 26 September kemarin, dimana muncul opsi agar Setnov mundur dan menunjuk pelaksana tugas (Plt) ketua umum.

Opsi agar Setnov mundur didasarkan pada alasan kajian elektabilitas Partai Golkar menunjukkan penurunan.

"Kalau publik sudah menyatakan pimpinannya jelek, apalagi pimpinannya begitu kan. Jadi memang keputusan itu, seharusnya demikian (mundur)," tandas JK.

Munculnya opsi agar Setya Novanto mundur terkait kasus yang membelit Ketua DPR itu saat ini. KPK telah menetapkan Setya Novanto sebagai tersangka dalam kasus korupsi e-KTP.

Ketua Umum Partai Golkar itu diduga telah merugikan negara Rp 2,3 triliun dari nilai proyek e-KTP Rp 5,9 triliun.

Atas perbuatannya, Setya Novanto disangka melanggar Pasal 3 atau Pasal 2 ayat 1 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, sebagaimana diubah dalam UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.