Sukses

178 Kloter Jemaah Haji Indonesia Sudah Kembali ke Tanah Air

Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) mengimbau jemaah haji agar nyaman dan aman selama perjalanan pulang di pesawat.

Liputan6.com, Mekah - Usai melaksanakan ibadah haji selama sebulan penuh di Mekah, Arab Saudi, jemaah haji Indonesia secara bertahap kembali ke Tanah Air mulai 6 September lalu.

Data Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) Daker Mekah mencatat, hingga hari ini, Minggu (17/9/2017), total sudah 178 kloter dengan 72.470 anggota jemaah dan petugas sudah kembali ke Indonesia.

Pemulangan melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz (KAA) Jeddah ini akan berlangsung hingga 20 September mendatang.

Adapun, pemulangan jemaah haji gelombang kedua dari Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah akan berlangsung dari 20 September hingga 5 Oktober 2017.

Jemaah haji Indonesia diterbangkan dari Tanah Suci menggunakan dua maskapai, yaitu Garuda Indonesia dan Saudia Airlines. Perjalanan dari Saudi menuju Tanah Air ditempuh sekitar sembilan jam.

 

 

Saksiskan video menarik berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Selama Penerbangan

Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) mengimbau jemaah haji agar nyaman dan aman selama perjalanan pulang di pesawat.

Berikut sembilan tips agar perjalanan selama di penerbangan lebih aman dan nyaman:

1. Waktu akan take off minta permen ke pramugari dan kunyah agar mulut tetap terbuka waktu perubahan tekanan udara menuju ketinggian. Perbedaan tekanan dengan udara tertutup bagi sebagian orang, bisa menyebabkan rasa sakit pada gendang telinga.

2. Buat tempat duduk senyaman mungkin. Bawa barang bawaan secukupnya saja ke kabin pesawat.

3. Usahakan lakukan gerakan ringan tiap dua jam duduk, agar tidak kaku dan menghindari resiko DVT (Deep Vein Trombosis) atau tersumbatnya pembuluh darah vena akibat lepasnya bekuan-bekuan dinding pembuluh darah.

4. Jangan menahan buang air kecil selama penerbangan. Minta tolong ke teman untuk memberi tahu, bagaimana cara memakai toilet di pesawat jika tidak tahu.

5. Disiplin makan setiap jadwal makan yang telah disediakan oleh maskapai. Makanan yang diberikan pramugari, agar segera dimakan dan dihabiskan.

6. Gunakan waktu tidur secara cukup dan cermat. Jangan berlebihan karena akan berpengaruh terhadap kebugaran tubuh.

7. Hindari minuman berkafein, cukup mengonsumsi air putih, jus buah, dan makanan secukupnya selama di pesawat. Minuman berkafein dikhawatirkan dapat meningkatkan rasa cemas.

8. Gunakan selalu sabuk pengaman selama di dalam pesawat, baik dalam keadaan duduk maupun tidur.

9. Jangan lupa berdoa untuk keselamatan semua dan ikuti semua arahan awak kabin pesawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.