Sukses

Dishub: Truk Sering Nyangkut di JPO Jembatan Gantung Daan Mogot

Jembatan penyeberangan orang (JPO) Jembatan Gantung Jalan Daan Mogot itu roboh.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Suku Dinas Perhubungan Jakarta Barat Anggiat Banjarnahor menyatakan, atap truk kerap tersangkut di jembatan penyeberangan orang (JPO), Jalan Daan Mogot, Jakarta Barat. Akibatnya, kini JPO Jembatan Gantung, Jalan Daan Mogot itu roboh.

"Seringlah, lebih dari lima kali truk atau kontainer nyangkut di JPO. Tapi baru kali ini sampai roboh," ucap Anggiat saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu (29/7/2017).

Karena hal itu, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga untuk perbaikan JPO. Sebab, peninggian jalanan tidak diimbangi peninggian JPO.

"Sudah koordinasikan, supaya JPO ditinggikan dan diperbaiki. Karena kejadian ini paling parah," Anggiat menandaskan.

Seorang warga, Wawan, mengatakan kejadian tersebut berlangsung sekitar Sabtu dini hari pukul 02.00 WIB. Besi bagian dari JPO yang terjatuh mulai dievakuasi pukul 05.30 WIB.

Dia mengatakan, kerusakan JPO sudah berlangsung sejak adanya peninggian jalan. "Dulu itu (JPO) tinggi, tapi habis ditinggiin banyak truk, kontainer nyenggol. Soalnya jaraknya dikit banget (dari atas truk/kontainer ke JPO), belum diperbaiki, baru kejadian ini aja," ucap Wawan, Sabtu (29/7/2017).

JPO yang tertabrak truk tangki itu, menyambungkan jalan bagi masyarakat yang ingin menggunakan Bus Transjakarta. Pantauan di lapangan, salah satu kaki penyangga lepas dari alas pejalan kaki JPO. Sempat terjadi kemacetan sepanjang 1 kilometer di sekitar lokasi kejadian.

Saat mencoba menaiki, lantai JPO tidak rata dan alasnya renggang bahkan akan terlepas. Warga yang ingin menyeberang ataupun menggunakan Transjakarta terpaksa menyeberang lewat bawah JPO dan masuk ke jalur halte bus.

 

Saksikan video di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.