Sukses

Underpass Stasiun Tebet Mulai Beroperasi, Begini Penampakannya

Stasiun Tebet sedikit lebih spesifik karena terhubung langsung dengan angkutan lanjutan Transjakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Stasiun Tebet mulai mengoperasikan underpass atau jalan kolong tempat penyeberangan orang dari peron dua ke peron satu dan sebaliknya atau pintu keluar.

Direktur Utama PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) Muhammad Nurul Fadhilah mengatakan, pihaknya mulai menyosialisasikan kepada masyarakat untuk memberitahukan jika saat ini Stasiun Tebet memiliki underpass seperti di Stasiun Manggarai.

"Kita ingin sosialisasikan mulai kemarin Stasiun Tebet dilengkapi dengan underpass. Underpass penyeberangan penumpang antarperon," ujar Fadhilah di Stasiun Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (25/7/2017).

Stasiun Tebet mulai mengoperasikan underpass atau jalan kolong tempat penyebrangan orang dari peron dua ke peron satu dan sebaliknya atau pintu keluar. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

Menurut dia, underpass di Stasiun Tebet ini menjadi salah satu bentuk penataan yang dilakukan PT KCJ bersama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI). Tak hanya itu, Fadhil mengatakan, Stasiun Tebet sedikit lebih spesifik karena terhubung langsung dengan angkutan lanjutan Transjakarta.

"Kemarin Pak Menhub (Budi Karya) sudah menyatakan ada 17 titik integrasi (dengan Transjakarta) yang akan kita siapkan, salah satunya Stasiun Tebet," ucap dia.

Fadhil menjelaskan, pertumbuhan penumpang di Stasiun Tebet mulai 2016 sampai sekarang cukup meningkat. Karena itulah, underpass penyeberangan antarperon dirasa sangat diperlukan.

Stasiun Tebet mulai mengoperasikan underpass atau jalan kolong tempat penyebrangan orang dari peron dua ke peron satu dan sebaliknya atau pintu keluar. (Liputan6.com/Devira Prastiwi)

"Stasiun Tebet kalau dilihat dari pertumbuhan penumpang mulai dari tahun 2016 sampai sekarang itu kurang lebih 25 persen, cukup signifikan. Sehingga mengharuskan kita untuk menyediakan fasilitas penyeberangan antarperon yang tidak sebidang dengan jalan rel. Karena ini demi keamanan penumpang," Fadhil memungkasi.

Pantauan Liputan6.com, underpass penyeberangan antarperon ini sudah banyak digunakan penumpang. Para petugas siaga mengumumkannya melalui pengeras suara.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.