Sukses

Serbuan Kera Dari Lereng Merapi

Rusaknya kawasan Lereng Merapi tempat hidup habitat asli kera ekor panjang diduga jadi penyebab kera-kera turun gunung

Liputan6.com, Boyolali Warga terus menyebar kesegala titik, menyisir ke penjuru tempat yang diduga persembunyian kera-kera. Lahan pertanian warga yang lokasinya berdampingan tidak jauh dari lokasi hidup kera menjadikan konflik antara kera dan manusia dan sulit dihindari.

Cara yang dilakukan para petani termasuk Sutejo, memagari lahan pertaniannya dengan memasang jaring-jaring pengaman. Karyanto petani yang berasal dari Dusun Keleng merasakan kepahitan yang serupa.

Seperti yang ditayangkan SIGI SCTV, Minggu (25/6/2017), Karyanto harus berjibaku mengusir kawanan kera yang masuk ke lahan pertanian miliknya. Ini menjadi kegiatan rutin yang ia lakukan.

Tetapi usaha ini tidak membuahkan hasil yang baik. Kecolongan selalu saja terjadi, imbasnya hasil pertanian pun merosot dan ia pun merugi. Serbuan kera berekor panjang di Boyolali sudan konflik tahunan yang sering terjadi terutama saat musim tanam berlangsung.

Rusaknya kawasan Lereng Merapi tempat hidup habitat asli kera ekor panjang diduga jadi penyebab kera-kera turun gunung dan mencuri hasil pertanian warga.