Sukses


Jadikan Pancasila Jembatan Pemersatu Bukan Tembok Pemisah

Jangan sampai Pancasila justru dipakai untuk memisah misahkan sesama anak bangsa.

Liputan6.com, Jakarta Ketua MPR Zulkifli Hasan menegaskan pentingnya Pancasila dipahami dengan substansi yang menyeluruh. Jangan sampai Pancasila justru dipakai untuk memisah misahkan sesama anak bangsa.

"Pancasila harusnya jadi jembatan yang mempersatukan. Jangan malah menjadi tembok yang memisah persaudaraan. Kita semua Pancasila,"

Hal ini disampaikan Zulkifli Hasan saat menjadi pembicara utama Bedah Buku Pancasila-isme dalam Dunia Pendidikan karya Rektor Universitas Negeri Surabaya Prof. Warsono.

Acara dilaksanakan di Aula Utama Kampus Unesa, Senin (12/6). Hadir mendampingi Ketua MPR, Wakil Gubernur Saifullah Yusuf dan dihadiri ratusan mahasiswa Unesa dan Perwakilan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) se Jawa Timur.

"Perilaku Pancasila dicontohkan pemimpinnya. Keteladanan dimulai dari penyelenggara negara. Keteladanan ini yang akan menjadi panutan untuk rakyat," tambah Zulkifli.

Sementara itu Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf menyebut kehadiran Zulkifli Hasan dalam acara bedah buku itu bisa menjadi inspirasi.

"Membahas Pancasila dalam pendidikan sangat penting karena dalam pendidikan berkembang paham-paham di luar Pancasila," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini