Sukses

Jokowi Minta Lithuania Dorong Kerja Sama Indonesia - Uni Eropa

Kesepakatan ini memang masih dalam tahap negosiasi dan terus dibicarakan dengan berbagai negara Uni Eropa.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggunakan kesempatan pertemuan dengan Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite, untuk membicarakan berbagai kerja sama. Salah satunya untuk mendorong terciptanya perjanjian Indonesia dengan Uni Eropa.

Perjanjian ini diberi nama Indonesia-Uni Eropa Comprehensif Economic Partnership Agreement (IU-CEPA). Kesepakatan ini memang masih dalam tahap negosiasi dan terus dibicarakan dengan berbagai negara Uni Eropa.

"Kita juga mendorong agar negosiasi Indonesia dan IU, Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dapat segera diselesaikan," kata Jokowi saat pernyataan pers bersama di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/5/2017).

Jokowi mengatakan, kedatangan Presiden Lithuania ke Indonesia merupakan kali pertama setelah menjalin kerja sama diplomatik selama 24 tahun. Momentum ini yang digunakan Jokowi untuk memperkuat kerja sama.

Beberapa kerja sama yang dibahas dalam pertemuan bilateral yakni terkait energi, terutama biomassa, energi dari sampah, dan gas.

"Di bidang IT baik untuk penggunaan di transportasi darat maupun di penerbangan, serta di bidang-bidang yang lainnya. Kita juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyambut kedatangan Presiden Lithuania Dalia Grybauskaite di Istana Merdeka, Jakarta. Kunjungan kenegaraan ke Indonesia ini merupakan yang pertama bagi Presiden Lithuania.

Rombongan Presiden Grybauskaite diarak dari kawasan Silang Monas menuju Istana Merdeka bersama pasukan berkuda, pasukan Nusantara, dan Paspampres. Para siswa yang menggunakan pakaian adat juga turut menyambut kedatangan Presiden Grybauskaite.

Kunjungan ini akan difokuskan pada kerja sama energi terbarukan, konservasi energi, serta pengembangan bisnis di sektor energi. Lithuania sendiri memiliki kapabilitas dalam bidang energi surya, biomassa, dan biofuel.

Di samping bidang energi, bidang perdagangan dan investasi serta pertanian juga menjadi hal yang akan ditingkatkan dalam pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Grybauskaite.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini