Sukses

Massa Aksi 31 Maret Longmarch dari Istiqlal ke Istana Merdeka

Liputan6.com, Jakarta - Massa dari berbagai ormas Islam menggelar aksi 31 Maret hari ini Jumat (31/3/2017). Aksi yang diinisasi Forum Umat Islam (FUI) akan menjadikan Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat sebagai titik kumpul.

Sekjen FUI Muhammad al Khaththath mengatakan, aksi yang juga disebut 313 akan diisi dengan kegiatan longmarch mulai dari Masjid Istiqlal hingga Istana Merdeka. Nantinya massa akan diarahkan untuk berputar melewati Jalan Merdeka Timur dan Jalan Merdeka Selatan terlebih dahulu.

"Aksi sudah jelas longmarch dari Masjid Istiqlal ke Istana dengan melalui Jalan Merdeka Timur menuju depan Kedubes AS, belok kanan Jalan Merdeka Selatan melewati balai kota," ujar al Khaththath di Masjid Baiturrahman, Jakarta Selatan, Kamis, 30 Maret 2017.

Al Khaththath melanjutkan, massa aksi 313 akan berjalan menelusuri jalan protokol di sekitaran Patung Kuda, Jalan Merdeka Barat. "Kemudian Bundaran Patung Kuda belok kanan lagi Jalan Merdeka Barat sampai depan Istana," jelas dia.

Sementara di depan Istana Merdeka, ia mengungkapkan, massa aksi 313 akan menggelar orasi dan menyampaikan sejumlah tuntutan. Yang paling utama adalah mengingatkan Presiden Joko Widodo atau Jokowi untuk memberhentikan Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dari jabatan Gubernur DKI Jakarta.

"Mudah-mudahan Istana mau dibuka pintunya untuk diberi kesempatan delegasi para peserta aksi, berdialog dengan Pak Presiden menyampaikan tuntutan umat (aksi 313), rakyat Indonesia," al Khaththath memungkaskan.